Bobol Situs Tiket Online, 3 Pemuda Ini Raup Rp. 1.9 Miliar dan Akhirnya Ditangkap Polisi

Tribratanews.polri.go.id-Mabes Polri, Tim Cybercrime Bareskrim Polri berhasil menangkap pelaku yang meretas situs atau akrab disebut hacker milik pemerintah dan swasta.

Hal ini diungkapkan Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Rikwanto didampingi Akbp Idam dalam konferensi persnya di loby Divhumas Polri, Kamis (30/3/2017).

“ Polri berhasil mengamankan tiga pelaku yang diduga meretas atau hacker situs pemerintah dan swasta di Gang kemuning, Kelurahan Damai,Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, Dua hari yang lalu (28/3/2017)” ungkap Brigjen Pol Rikwanto.

Ketiga pelaku yakni MKU (19), AL (19) dan NTM (27) , Masing masing memiliki peran yang berbeda. Selain pelaku, petugas juga menyita barang bukti berupa 4 buah Iphone, 3 Hp Samsung,3 kartu ATM, 2 Kartu SIM,2 Buah Laptop dan 1 Buku Tabungan serta 1 buah router Wifi.

Brigjen Pol Rikwanto menjelaskan terbongkarnya kasus ini berawal dari salah satu laporan travel jual beli tiket online beberapa waktu silam (11/11/2016,lalu).” Akibat perbuatan ketiga pelaku, agen travel ini mengalami kerugian sebesar Rp.1,9 Miliar,” ujar Jenderal bintang satu dipundaknya ini.

Dikatakan Brigjen Pol Rikwanto,Pelaku MKU (19) dan NTM (27) peranya sebagai orang yang menawarkan penjualan tiket pesawat dengan menggunakan akun facebook. Sedangkan pelaku AL (19), tugasnya menginput data permintaan pesanan tiket pesawat.

“ Ketiga pelaku saat ini sudah ditahan di Bareskrim Polri guna proses lebih lanjut dan akan dikenakan pasal 30 ayat (1),(2) dan Pasal 46 ayat (1),(2),(3) UU ITE serta Pasal 3, Pasal 5 dan Pasal 10 tentang Tindak Pidana Pencucian Uang,” terang Brigjen Pol Rikwanto.(*)

Penulis : Tim

Foto : Divhumas Polri

Editor : Umi Fadilah

Publish : Alam

0 Comments

  • firni Reply

    March 30, 2017 at 16:49

    tangkap saja pak, merugikan banyak begitu kok

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password