Pendekatan Preemtif dan Preventif dalam Rangka Cipta Kamtibmas Kondusif

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Kondusifitas Kamtibmas di suatu wilayah tak bisa lepas dari peran serta tokoh masyarakat setempat. Peran besar para tokoh tersebut karena kecenderungan masyarakat yang lebih mudah menerima instruksi maupun petunjuk dari tokoh masyarakat. Tak jarang, pendekatan represif atas sebuah masalah berbanding terbalik dengan tujuan yang ingin dicapai yakni Kamtibmas yang kondusif.

Itu sebabnya, Kapolsek Kampak Polres Trenggalek, Iptu Anwar, SH berupaya menggandeng tokoh masyarakat dalam upaya-upaya preemtif dan preventif yang dilaksanakan oleh jajarannya. Iptu Anwar pun rutin berkunjung dan berdialog dengan tokoh masyarakat yang berpengaruh agar terjadi kesinambungan antara harapan masyarakat dengan langkah Kepolisian yang diambil.

Siang ini, Iptu Anwar bersama Bhabinkamtibmas Desa Senden, Brigadir Imron Rosyadi, SH menyambangi kediaman KH Anwar yang juga merupakan tokoh berpengaruh di desa setempat.

Rombongan Kapolsek Kampak Polres Trenggalek disambut langsung oleh KH Anwar di halaman rumahnya. Dengan lesehan dan suguhan secangkir teh manis, perbincangan ringan namun penuh kehangatan pun tercipta diantara mereka.

Dalam kesempatan tersebut Iptu Anwar menyampaikan bahwa kedatangannya adalah untuk bersilaturahmi sekaligus berdiskusi tentang berbagai masalah yang terjadi di wilayah hukumnya.

“Bersilaturahmi saja. Mohon bantuan doa dan dukungan beliau agar Kamtibmas tetap kondusif”, ujar Iptu Anwar.

Iptu Anwar pun berharap, dengan silaturahmi yang ia lakukan akan mempererat hubungan antara Kepolisian dengan tokoh masyarakat yang output-nya adalah terciptanya Kamtibmas kondusif.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password