Kapolres Luwu Tinjau Lokasi Tanah Longsor di Latimojong

Tribratanews.polri.go.id – Luwu Sulsel, Curah hujan tinggi di Kabupaten Luwu sejak sepekan lalu telah mengakibatkan beberapa musibah/bencana alam, di  antaranya adalah bencana tanah longsor yang terjadi di beberapa titik Sepanjang  jalan mulai dari Desa Kadundung, Desa Paragosi, Desa Buntu Sarre, Desa Rante Balla dan Desa Tabang Kec. Latimojong Kab. Luwu.

Tercatat terdapat kurang lebih 32 titik longsor yang terjadi pada badan jalan akses penghubung Kota Belopa menuju Desa Ulusalu Kec. Latimojong Kab. Luwu. dan  terdapat 3 titik longsor yang tidak dapat dilalui oleh kendaraan jenis apapun.

Kapolres Luwu AKBP Ahmad Yanuari Insan.S.Ik. M.Si didampingi Kabag Ops dan Kasat Sabhara serta KBO Sat Intelkam, Rabu (29/3/17) melakukan pengecekan ke Lokasi bencana, kemudian berkoordinasi dengan Camat Latimojong beserta para kepala Desa, BPBD  dan Dinas PU Kab.Luwu untuk segera mengambil tindakan membuka askses jalan yang tertimbun tanah longsor.

Dalam perjalanan peninjauan tersebut Kapolres Luwu memberikan bantuan kepada beberapa pengendara sepeda motor yang terjebak di antara titik-titik longsor, serta membuka beberapa titik longsor di jalan.  memberikan himbauan kepada masyarakat setempat agar lebih waspada dengan musibah tanah longsor susulan, mengingat cuaca masih hujan dan kondisi tanah sangat labil.

Rencananya hari ini Kamis (30/3) akan dilaksanakan gotong royong masal untuk membuka akses jalan yang tertutup material tanah dan bebatuan, dan berharap alat berat besok pagi juga sudah tiba di lokasi bencana.

Kepada masyarakat disampaikan bahwa Salah satu akses jalan dari dan menuju Desa Ulusalu Kec. Latimojong dapat melalui jalan Boneposi/Rante Balla Kec. Latimojong Kab. Luwu, mengambil jalan lingkar dengan jarak cukup jauh namun tidak terhalang oleh tanah longsor.

Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan tanah longsor terjadi didaerah anda. Faktor faktor tersebut dapat terakumulasi sehingga bisa menyebabkan suatu daerah dapat menjadi lebih rawan terjadi longsor. Berikut adalah faktor faktor yang bisa menyebabkan terjadinya tanah longsor.

Hujan

Tanah longsor tak luput dari pengaruh hujan, terutama di bulan November saat seringnya hujan turun di beberapa daerah di Indonesia. Musim kemarau yang lama terjadi kemungkinan dapat mempengaruhi kondisi tanah karena penguapan air dalam jumlah yang besar sehingga tanah akan muncul pori-pori atau rongga didalam tanah.

Kondisi lereng yang terjal

Kondisi lereng yang terjal dapat mempengaruhi gaya pendorong, lereng yang terjal bisa terbentuk dikarenakan adanya pengikisan air sungai, air laut atau angin. Sudut lereng yang biasanya bisa menyebabkan tanah longsor adalah 180 derajat apabila ujung lereng terjal dan bidang longsornya mendatar.

Tanah yang kurang padat

Tanah kurang padat merupakantanah lempung atau tanah liat yang memiliki tebal sebesar 2,5m dan juga sudut lereng terjal > 220. Jenis tanah ini dapat berpeluang terjadinya longsor terutama saat hujan terjadi.

Bebatuan yang tidak kuat

Batuan yang tidak kuat contohnya seperti batuan endapan gunungapi dan juga batuan sedimen yang memiliki ukuran sebesar pasir dan juga terdiri dari  campuran dari kerikil, pasir dan tanah lempung. Batuan jenis ini sangat mudah berubah menjadi tanah saat pelapukan terjadi dan rawan akan terjadinya tanah longsor jika bebatuan ini berada pada lereng yang terjal

Getaran

Getaran yang dimaksud adalah seperti gempa bumi, ledakan, mesin atau karena getaran dari lalulintas kendaraan. Akibat dari getaran ini sendiri biasanya akan menyebabkan lantai, tanah, bangunan menjadi retak.

Erosi atau pengikisan air

Pengikisan tanah oleh air atau erosi biasanya terjadi ke arah tebing. Selain itu pengikisan juga dapat terjadi karena adanya penggundulan hutan yang berada pada tikungan sungai sehingga kondisi tebing akan menjadi terjal.

Penulis : Sumarwan

Editor : Umi Fadilah

Admin Polri54013 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password