Bobol Toko Seluler, Dua Pemuda Asal Bone Selatan Diciduk Resmob Polres Bone

Tribratanews.polri.go.id – Bone Sulsel, Tim Resmob (Reserse Mobile) unit III Polres Bone kembali menangkap dua pemuda diduga pelaku pencurian yang terjadi beberapa pekan yang lalu di Kelurahan Palattae Kecamatan Kahu Kabupaten Bone, Rabu (29/3/2017) sekira pukul 19.00 Wita.

Penangkapan yang dilakukan oleh petugas berpakaian preman tersebut dipimpin oleh Aiptu M. Riad, S.Sos. Pelaku yang diketahui bernama Rusdi (19) warga Dusun Toli-toli Desa Palakka diciduk lantaran diduga sebagai pelaku pencurian di toko Galaxy Jaya Seluler (Oppo) di daerah Palattae.

Saat diciduk, Rusdi hanya bisa pasrah tanpa melakukan perlawanan dan mengakui telah membobol dan menggasak barang elektronik di dalam toko seluler tersebut.

Dari hasil introgasi petugas, dalam menjalankan aksinya Rusdi mengaku tak sendiri, petugas lalu melakukan pengembangan dan berhasil menangkap rekan pelaku yang diketahui bernama A. Anis alias Andi Bobeng (20) warga Dusun Assarajangnge Desa Labuaja Kecamatan Kahu Kabupaten Bone.

“Setelah diintrogasi, keduanya mengaku telah melakukan pencurian di toko Galaxy Jaya Seluler (Oppo) di daerah Palattae” ujar Kanit Resmob unit III Aiptu M. Riad.

Dari tangan para pelaku aparat berhasil menyita barang bukti berupa 1 Unit NoteBook merk Samsung warna Biru, 1 Unit Camera Canon, 1 Unit HP merk Oppo F1 S, 1 Unit Hp Merk Oppo A39, 1 Unit Hp Merk Samsung J5 Prime, 1 Unit Hp Merk Samsung J2 Prime, 1 Unit Hp Merk Advan i45, 1 Unit Hp Merk Advan S5E dan 1 Unit R2 Yamaha Mio Sporty Warna Hitam No.Pol DD 4116 OI serta 1 unit sepeda motor Yamaha Mio Sporty warna hitam no. pol DD 4116 OI.

Kapolres Bone Akbp Raspani, S.Ik, melalui Paur Humas Iptu Adenan membenarkan penangkapan terhadap dua pelaku pembobol toko seluler tersebut.

“Usai dilakukan penyelidikan, Dua Pelaku pencurian di wilayah Bone Selatan berhasil diamankan beserta barang bukti oleh Tim Resmob.” Tutur Adenan.

Kedua pelaku bersama barang bukti lalu digiring ke Polres Bone untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya dan kini tengah mendekam di balik jeruji besi.

Banyaknya kejadian mengerikan seputar aksi canggih para maling tersebut membuat kita mesti waspada dan lebih hati-hati dalam menjaga keamanan rumah. Berikut tips terhindar dari kejahatan para maling rumah :

  1. Selalu cek pintu dan jendela saat keluar

Pintu dan jendela merupakan celah utama bagi para maling untuk menerobos masuk ke rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah mengunci pintu dan jendela saat keluar rumah atau saat hendak tidur. Jika perlu tambahkan teralis pada jendela Anda.

  1. Gunakan kunci ganda

Demi keamanan rumah Anda, pastikan membuat gembok ganda untuk rumah Anda. Jadi, tidak hanya satu kunci, tapi masih ada gembok atau kunci tambahan (missal, selot/grendel atas dan bawah) yang membuat rumah Anda semakin aman.

  1. Pastikan lampu depan menyala

Apabila rumah Anda sering kosong karena pulang larut malam, pastikan gunakan lampu depan otomatis. Posisi lampu yang menyala dapat membantu mengecoh maling, karena mereka pikir rumah tersebut berpenghuni. Rumah yang gelap menjadi celah yang memudahkan maling masuk.

  1. Pasang CCTV atau kamera

Jika ingin lebih mudah memantau kondisi keamanan rumah, Anda bisa memasang CCTV atau kamera pengintai diarea tertentu yang memudahkan Anda untuk memonitor rumah.

  1. Selalu waspada dengan tamu tak dikenal

Ada sebagian maling yang menyamar sebagai tamu untuk menggambar kondisi rumah Anda. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu waspada terhadap tamu atau orang tak dikenal yang datang ke rumah Anda.

  1. Simpan barang berharga di tempat yang aman

Jika memiliki barang berharga, pastikan menyimpannya di tempat yang aman dan tersembunyi. Jika diperlukan, And abisa menggunakan jasa bank untuk menyimpan barang-barang berharga Anda.

  1. Catat nomor-nomor penting

Sebagai langkah antisipasi, pastikan Anda mencatat nomor-nomor telepon petugas keamanan terdekat, kantor polisi, tetangga terdekat, pak RT, dan lainnya. Jadi, ketika ada sesuatu yang mencurigakan, Anda bisa langsung menghubungi nomor tersebut.

  1. Biasakan bangun di sepertiga malam terakhir

Bangun di sepertiga malam terakhir termasuk salah satu cara untuk menjaga rumah dari incaran maling. Seperti yang kita tahu, sepertiga malam terakhir adalah waktu dimana kebanyakan manusia terlelap dalam mimpinya. Dengan begitu, maling leluasa menyatroni rumah Anda. Tapi jika Anda terjaga pada waktu itu, otomatis rumah Anda akan terhindar dari incaran maling.

  1. Cari harta halal dan jangan lupa sedekah

Upaya diatas tentu saja tidaklah cukup, karena hal yang terpenting adalah dari kita sendiri. Pastikan mencari harta dengan cara yang halal, karena dapat mengundang keberkahan untuk Anda sekeluarga. Selain itu, jangan pernah melupakan jika dalam harta kita terdapat hak orang-orang miskin. Jadi, jangan pernah lupa atau sengaja mengabaikannya, karena Allah akan tentu akan mengambilnya kembali apa yang bukan menjadi hak Anda.

 

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password