Jual Tembakau Gorila Raup Rp200 Juta 2 Pemuda Di Amankan Polisi

33

Tribratanews.polri.go.id – Polda Metro Jaya Kamis (30/03/2017)

Jual narkoba tembakau gorila di Instagram, dua pemuda pengangguran diciduk Satreserse Narkoba Polres Jakarta Utara di Rumah Susun (Rusun) Cakung, Jakarta Timur. Selama tiga bulan beroperasi omset penjualan mencapai Rp200 juta.

Dari tangan pelaku, JR (25) dan AM (25), polisi menyita sisa penjualan tembakau gorila 132 gram yang dikemas dalam plastik emas. “Sasaran para pelaku pembelinya dari kalangan pelajar SMP, SMA dan masyarakat yang aktif di instagram,” kata Kapolres Jakarta Utara Kombes Dwiyono.

Menurutnya, kedua pelaku menjual ganja gorila di Instagram per-5 gram sebesar Rp350 ribu. Padahal mereka membeli ganja gorila itu dari seseorang yang kami masih selidiki, seharga Rp100 ribu. Dijual ke pembeli Rp 350 ribu. Ganja gorila tersebut lalu dikirim lewat paket atau ojek online ke pemesan.

“Jadi uang hasil penjualan mereka putar lagi sebagai modal membeli tembakau gorila, sehingga jumlahnya semakin banyak. Mereka ini awalnya hanya pemakai, tapi karena banyak yang cari lalu mencoba menjualnya dan ternyata laku,” ujarnya.

Penangkapan kedua pelaku dari laporan masyarakat kemudian dilakukan penyelidikan di sosmed dan ternyata ada jual beli ganja di akun Instagram. Petugas kemudian menjebak para pelaku dengan melakukan pemesanan ganja gorilla sebanyak dua kali.

“Kita jebak pertama, ternyata benar keduanya benar telah melakukan aktivitas jual beli ganja gorilla via Instagram itu. Lalu, penjebakan kedua, saat pemesanan kami segera menangkapnya saat menyiapkan tembakau gorilla untuk pemesan di rusun Cakung,” sambung Kasat Narkoba, AKBP Robert Sitinjak.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat pasal 114 UU 35/2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukumannya di atas 5 tahun penjara.

Penulis : Fitri
Editor : Umi Fadilah
Publish : rimi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password