Kapolda Ajak Personil Ditreskrimsus Kuasai Undang-Undang tentang Penanganan Perkara

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Kapolda Sulsel Irjen Pol. Drs. Muktiono, membuka Rakernis Tindak Pidana Khusus DIT Reskrimsus dan Polres jajaran Polda Sulsel yang digelar di Aula Bakal Lompat III Hotel Harper Perintis, Makassar, (30/03)

Dalam pembukaan Rakernis, tersebut juga dihadiri Wakapolda Sulsel, serta para Pejabat Utama, dan diikuti 203 peserta, yang terdiri dari para Kasat Reskrim Polres, Kanit Tipikor Polres, Kanit Tipideksus Polres, dan Kanit Reskrim Tingkat Polsek Urban dan Polsek Kota.

Rakernis yang mengambil tema, “Melalui Rakernis Tindak Pidana Khusus, Kita Tingkatkan strategi mewujudkan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan,” ini dijadwalkan berlangsung selama 2 hari, hingga hari Jumat, (31/03), besok dan menggandeng beberapa instansi terkait sebagai pemateri antara lain dari, Kejaksaan, BPK, Kemenkominfo, OJK, Balai POM,¬†Deperindag, Dinas Pertanian dan Penanganan limbah B3.

Nantinya para peserta akan di bekali, beberapa materi antara lain  berkaitan sosialisi putusan MK tentang Tindak Pidana Korupsi, Perhitungan kerugian negara, penanganan limbah Rumah sakit, oli bekas dan limbah industri, pelanggaran keuangan, dan pengawasan obat dan makanan.

Dalam sambutannya, Kapolda mengharapkan Rakernis ini dapat meningkatkan kompetensi kita, dan meminta para personil Dit Deskripsmemiliki minat baca undang-undang harus ditingkatkan, manfaatkan tenaga ahli, dalam mempelajari undang2 terkait pasal penanganan perkara yang kita hadapi, memperluas wawasan kita dengan aktif berkomunikasi dengan para ahli.

Selain itu Kapolda meminta personil Reskrimsus mengikuti perkembangan hukum , undang-undang di negara kita dan diikuti hingga sedetail mungkin.

“Kita harus kuat, dalam penguasaan undang-undang, pasal penanganan perkara, selain itu, berpikirlah untuk memiliki mindset untuk terus antisipasi perkembangan kejahatan, yang selalu ada,” tegas Kapolda.

Mengakhiri sambutannya Kapolda menekankan beberapa hal antara lain, Dalam proses lidik sidik dikedepankan asas praduga tak bersalah, agar laporan masyarakat segera ditindak lanjuti, perkuat kerjasama dengan instansi terkait.dan obyektif dalam bekerja.

PicsArt_03-30-08.57.39

 

 

Penulis : Muh. Taufiq, S.Sag.
Editor : Umi Fafilah
Publish : Sumarwan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password