Inilah yang Harus Ditempuh agar Kualitas Fisik dan Kesehatan Anggota Polri tetap Terjaga

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Selama 3 hari kedepan, terhitung sejak tanggal 29 Maret 2017, Polres Trenggalek menggelar Tes Kesamaptaan Jasmani atau TKJ bagi seluruh anggotanya. Setiap bagian, satuan dan seksi diminta membagi anggotanya menjadi 3 dan mengikuti TKJ yang dilaksanakan di stadion Kelutan Trenggalek.

Kabagsumda Polres Trenggalek Kompol Sumilih, SH menuturkan, TKJ dilaksanakan secara periodik 6 bulan sekali untuk mengetahui kesehatan dan kekuatan fisik personelnya. Selain itu, nilai TKJ juga berpengaruh bagi kenaikan pangkat personel.

“Ada batasan minimal yang harus dicapai. Untuk memperoleh nilai ideal ya harus sering berolahraga. Selain itu juga untuk mengontrol fisik anggota”, ujar Kompol Sumilih.

Masih menurut Kompol Sumilih, ada beberapa tes yang wajib dilalui antara lain, lari selama 12 menit tanpa henti, push up, pull up dan shuttle run. Sebelum melaksanakan rangkaian tes seluruh personel diwajibkan mengukur tensi terlebih dahulu. Jika ditemukan anggota yang memiliki riwayat sakit tertentu, diberikan dispensasi dan hanya mengikuti tes sesuai dengan kemampuannya dengan didampingi tim kesehatan dari Urkes Polres Trenggalek.

“Dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB tadi, baru sepertiga yang mengikuti TKJ dan akan dilanjutkan 2 hari kedepan”, ujar Kompol Sumilih.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password