Antisipasi Banjir di Solo Waka Polsek Pasar Kliwon Surakarta Memberi Pembekalan Ketrampilan Kepada Linmas se Kecamatan Pasar Kliwon

 

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Daerah Pasar Kliwon termasuk daerah yang paling rawan terhadap bahaya banjir di daerah Solo. Baik banjir dari dalam Kota yaitu air yang datang dari daerah Boyolali dan Klaten dan Kota Solo. Termasuk banjir dari Sungai Bengawan Solo dari hulu Wonogiri dan Sukoharjo. Untuk antisipasi hal tersebut pada hari Rabu 29/3/2017 pukul 08.00 Wib s/d 13.00 Wib di Pendhopo Kecamatan Pasar Kliwon. Waka Polsek Pasar Kliwon I Komang Widana memberi pembekalan dalam acara pelatihan ketrampilan penanganan bencana banjir bagi aggota Satlinmas se Kecamatan Pasar Kliwon Surakarta. Kegiatan ini bekerja sama dengan Pemerintah Kota Solo dan Kecamatan Pasar Kliwon dan sebagai penanggung jawab acara Agus Santoso, S.Sos Camat Pasar Kliwon.

Acara pembukaan pelatihan Linmas ini di hadiri Ekya anggota DPRD Kota Surakarta. Serma Sujianto mewakili Danramil Pasar Kliwon. Joko mewakili Kasat Pol PP. Rozzy dari Tagana Kec Pasar Kliwon. Adapun peserta pelatihan sekitar serta 100 Linmas se Kec. Pasar Kliwon.

Camat Pasar Kliwon Agus Santoso, S.Sos menyampaikan bahwa dengan adanya pelatihan ini agar para anggota linmas mengikuti pelatihan ini dengan sungguh-sungguh sampai acara selesai dan setiap anggota linmas setelah mengikuti pelatihan ini mempunyai kemampuan khusus dan siap menghadapi situasi apapun yang dibutuhkan masyarakat terutama saat banjir

Waka Polsek Pasar Kliwon I Komang Widana memberi materi tentang keamanan dan ketertiban masyarakat, karena Sat Linmas saat ini mempunyai peran penting dalam menjaga ketentraman masyarakat, dan diharapkan Sat Linmas memahami tugas dan fungsinya yaitu membantu aparat pemerintah Pemda / Polri dalam memelihara keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat ( HARKAMTIBMAS ). Diharapkan dengan adanya pelatihan ketrampilan ini dapat menunjang kecepatan dan ketrampilan dalam bertindak karena linmas adalah orang yang paling dekat dengan masyarakat sehingga dapat bertindak paling awal dalam penanggulangan banjir sebelum melapor ke atasanya. Tugas linmas saat banjir tiba adalah menjaga keamanan harta benda dan nyawa dari masyarakat yang terkena banjir. Linmas harus mampu mencegah terjadinya kejahatan sehingga tidak ada yang mengambil kesempatan dalam kesulitan warganya.

Pembekalan lainya adalah ketrampilan PBB oleh anggota team Koramil Pasar Kliwon.
Melengkapi ketrampilan teknis lainya yaitu dengan pemberian ketrampilan Beladiri Polri dan Pengaturan Lalu lintas oleh team Polsek Pasar Kliwon.

Terkait pelatihan penanggulangan bencana secara praktek lapangan di agendakan pelaksanaanya besok hari kamis 30/3/2017 pukul 08.00 Wib di lapangan Kenteng Semanggi Pasar Kliwon, Selama kegiatan pelatihan hari ini berjalan lancar dan tertib.

Penulis : Miun Kliwon
Editor   : Umi Fadhila
Publish : Sumarjo

Admin Polri54898 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password