Bentuk Pelayanan Prima, Kapolres Sidrap Terjun Langsung Layani Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – Sidrap Sulsel, Kapolres Sidrap AKBP M. Anggi Naulifar Siregar, SIK, M. Si terjun langsung dalam melayani masyarakat baik yang ingin melaporkan kejadian maupun dalam hal memeriksa barang bawaan pembesuk tahanan.

Tugas yang seharusnya diemban oleh bawahan tersebut, tidak canggung dilakukan oleh seorang Kapolres, Seperti yang nampak di penjagaan Satuan Sabhara Polres Sidrap pada Rabu, (29/3/2017) Siang.

Anggi sapaan Kapolres Sidrap tampak serius dan antusias dalam melayani masyarakatnya tak sedikitpun rasa canggung maupun risih dalam raut wajah polisi alumni Akabri 1998 tersebut.

“Ini merupakan tugas pokok kami sebagai pelindung, pelayan dan pengayom masyarakat, sebagai seorang pemimpin seharusnya mengontrol dan memberi contoh yang baik terhadap bawahan, bukan malah sebaliknya,” ucap Anggi.

Berikut beberapa poin pemimpin yang ideal :

Pertama, pemimpin yang ideal adalah seorang yang tegas dan punya pendirian yang kuat. Sikap tegas diperlukan bukan untuk menjadi otoriter, namun untuk menciptakan keteraturan di masyarakat. Pendirian yang kuat juga diperlukan oleh seorang pemimpin ketika ia membuat sebuah keputusan. Ketika keputusannya mendapatkan respon yang berbeda dari partai pengusungnya, seorang pemimpin yang berpendirian kuat akan tetap mempertahankan keputusan yang sudah dibuatnya.

Kedua, pemimpin yang ideal adalah seorang yang cerdas dan punya wawasan yang luas. Setiap orang di dunia ini sesungguhnya adalah orang yang cerdas, tetapi tidak semua orang menggunakan kecerdasan itu untuk melakukan hal yang baik. Seorang pemimpin yang cerdas dan berwawasan luas akan memiliki beberapa pilihan ketika ia harus membuat sebuah keputusan dan seorang pemimpin yang cerdas akan memiliki tingkah laku yang menunjukkan bahwa ia adalah seorang yang berpendidikan.

Ketiga, seorang pemimpin yang ideal adalah seorang yang jujur dan adil. Kejujuran adalah hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Ketegasan dan kecerdasan apabila tidak diimbangi dengan sifat jujur maka akan sama saja. Seorang pemimpin yang jujur akan selalu mendapatkan kepercayaan dari rakyatnya. Sikap adil juga seharusnya dimiliki oleh seorang pemimpin yang ideal. Seorang pemimpin harus tahu dimana harus menempatkan sesuatu dan bukannya menyamaratakan sesuatu.

Keempat, seorang pemimpin yang ideal adalah seorang yang mencintai dan bangga terhadap daerah dan rakyat dimana ia memimpin. Mencintai daerah yang dipimpinnya beserta rakyatnya menjadi salah satu modal utama yang seharusnya dimiliki oleh pemimpin yang ideal. Mengapa hal itu penting? Karena dengan mencintai daerah dan rakyat yang dipimpinnya, seorang pemimpin akan berusaha dengan sepenuh hatinya untuk melayani masyarakatnya dan membangun daerahnya. Pemimpin yang mencintai daerah dan rakyat yang dipimpinnya akan selalu berusaha mendahulukan kepentingan masyarakatnya.

Kelima, seorang pemimpin yang ideal adalah seorang yang dekat dengan semua kalangan masyarakat dan mengutamakan kepentingan masyarakatnya. Seorang pemimpin harus mampu dan mau dekat dengan semua lapisan masyarakat mulai dari rakyat jelata sampai konglomerat. Seorang pemimpin akan mampu mendengarkan aspirasi dari setiap kalangan apabila ia dekat dengan semua lapisan masyarakat. Dengan mendengar aspirasi dari setiap kalangan maka seorang pemimpin akan mampu membuat keputusan yang adil bagi setiap orang. Seorang pemimpin juga harus mengutamakan kepentingan masyarakatnya dibandingkan kepentingan pribadi atau golongan. Tidak salah memang ketika seseorang berusaha meningkatkan kesejahteraan hidupnya dan golongannya terlebih dahulu, tetapi akan lebih baik jika seorang pemimpin mengutamakan kepentingan masyarakatnya.

Penulis : Hendrik P

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password