Banjir Kiriman Rendam Empat Desa di Luwu, Polsek Larompong Siagakan Personel di Lokasi Banjir

Tribratanews.polri.go.id – Luwu Sulsel, Hujan deras sejak pagi Selasa (28/3) hingga sore hari dibagian hulu sungai Keppe mengakibatkan air sungai meluap dan merendam 4 Desa sealiran sungai  Keppe antara lain Desa Bilante, Desa Riwang, Desa Rantebelu dan Desa Buntu Matabing, Kec. Larompong, Kab. Luwu.

Meskipun tidak ada korban jiwa, banjir merendam beberapa sekolah dan rumah-rumah penduduk hingga setinggi lutut orang dewasa.

Mencegah kemungkinan terjadinya gangguan kamtibmas, serta memberikan bantuan kepada warga akibat musibah banjir, aparat Polsek Larompong menyiagakan personel di lokasi Banjir.

Saat ini telah air berangsur surut, namun perlu diwaspadai terjadinya banjir susulan. karena dibagian hulu sungai masih hujan.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, DR. Yunus S. Swarinoto, M.Si mengemukakan, sebagian besar wilayah Indonesia masih berada dalam puncak musim hujan sehingga peningkatan intensitas curah hujan masih terjadi.

Dengan potensi curah hujan tinggi pada periode bulan Februari ini, maka potensi hujan lebat harian dapat meningkatkan peluang terjadinya bencana Hidrometeorologi. Meskipun demikian frekuensi hujan yang cenderung meningkat ini lebih banyak dipengaruhi oleh faktor lokal.

Sedangkan secara umum sejak bulan Januari tidak terdapat fenomena cuaca global yang signifikan seperti Indian Ocean Dipole (IOD), seruakan dingin, maupun gelombang tropis yang hampir seluruhnya dalam kondisi netral. Sehingga pada periode kali ini sangat perlu memperhatikan perkembangan dinamika cuaca lokal dan regional.

Diperkirakan potensi hujan akan meningkat dalam beberapa hari kedepan, khususnya di wilayah pantai barat Sumatera, Sumatera bagian utara, Sumatera bagian selatan, Bengkulu, Riau, Lampung, Banten, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi bagian Tengah, Sulawesi bagian Selatan, dan sebagian besar Papua.

Terkait dengan hal tersebut, masyarakat diharapkan tetap mewaspadai potensi peningkatan curah hujan yang dapat disertai angin kencang dan berpotensi mengakibatkan terjadinya banjir, tanah longsor, banjir bandang maupun genangan.

Penulis : Abu Uwais

Editor : Umi Fadilah

Admin Polri54898 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password