SOSIALISASI TARIF PNBP : Polres Sidrap Undang Pihak Dealer dan Stakeholder

Polda Sulsel, Sidrap – Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 Tentang Jenis dan Tarif Atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang Berlaku Pada Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang diundangkan pada tanggal 6 desember 2016 dan akan diberlakukan mulai Tanggal 6 Januari 2017 mendatang

Salah satu yang diatur dalam peraturan pemerintah tersebut adalah tarif PNBP STNK, STCK, TNKB, BPKB dan penggunaan nomor pilihan atau biasa disebut nomor cantik.

Untuk memberikan pemahaman kepada warga terkait dengan diberlakukannya peraturan pemerintah ini, Polres Sidrap dalam hal ini Unit Regstrasi dan Identifikasi Satuan Lalu Lintas melakukan sosialisasi peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016 ini.

Kali ini Kanit Reg Ident Ipda Muhammad Tang, SH, MH mengundang pihak dealer kendaraan roda dua dan roda empat serta stake holder lainnya untuk mendengarkan sosialisasi peraturan pemerintah tersebut di aula samsat sidrap, selasa siang (26/12/2016)

Dalam penjelasannya Ipda Muhammad Tang mengatakan Peraturan Pemerintah RI nomor 60 tahun 2016 tentang jenis dan tarif atas jenis penerimaan negara bukan pajak yang berlaku pada Kepolisian Negara Republik Indonesia yang merupakan perubahan dari peraturan pemerintah nomor 50 tahun 2010 yang akan dilaksanakan serentak secara online di seluruh daerah pada 6 Januari 2017.

“Masyarakat perlu mengetahui bahwa di Samsat, Polri hanya menarik dana PNBP untuk BPKB, STNK, TNKB (Pelat Nomor), dan proses mutasi. Sementara masalah pajak, denda, BBN I, BBN II, Fiskal, ditarik oleh Dispenda, dan dana asuransi Jasa Raharja, ditarik oleh Jasa Raharja. Jadi apabila hendak menanyakan masalah pajak, mohon jangan tanyakan ke pak polisi, karena tabel besaran pajak/denda itu adanya di Dispenda,” ujar Muhammad Tang.

Pada kesempatan itu juga, pria yang pernah menjabat Kanit Reg Ident Mamuju Utara ini menjelaskan pula besaran tarif PNBP yang tercantum dalam peraturan pemerintah nomor 60 tahun 2016 ini.

Setelah di aula samsat sidrap, Ipda Muhammad Tang melanjutkan memberikan sosialisasi yang sama kepada para mahasiswa STIH Cokroaminoto di SMK Dipanegara Kabupaten Sidrap.

“pihak kami akan intens melakukan sosialisasi ini, baik itu diinternal Polri, samsat, mahasiswa maupun stake holder lainnya, dengan cara bertatap muka ataupun melalalui media sosial yang ada, hal ini dimaksuskan agar nantinya saat peraturan pemerintah ini diberlakukan, masyarakat sudah mengetahui dan memahaminya,” tutup Ipda Muhammad Tang. (Hk)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password