Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Masih Padat Di Hari Nyepi

Tribratanews.polri.go.id , Polda jatim – Banyuwang  Meski libur Nyepi, Pelabuhan ASDP maupun LCM Ketapang Banyuwangi ternyata tidak sepi dari kendaraan.di area parkir dua pelabuhan ini tetap terisi kendaraan muatan orang serta barang yang menunggu menyeberang menuju Pelabuhan Gilimanuk Bali selasa petang 28/3/2017.

Padahal PT ASDP dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan (OPP) Gilimanuk yang berkantor di Ketapang  akan membuka jalur penyeberangan penghubung Jawa – Bali  pada pukul 04.00 WIB, Rabu (29/3/2017). Namun sejumlah kendaraan telah memadati area parkir Pelabuhan LCM Ketapang sementara, kondisi parkir di Pelabuhan ASDP jauh berbeda. Sampai Selasa petang area parkir yang tersedia masih belum dipadati antrian kendaraan yang menunggu disebrangkan menuju Pulau Dewata. Dari empat area parkir yang tersedia, hanya satu saja yang telah dipadati kendaraan.

Aparat gabungan yang melakukan pengamanan Hariraya Nyepi di Pelabuhan Ketapang memang sudah siaga di sejumlah titik rawan kemacetan. Sepanjang Selasa sore para personil masih terlihat santai karena belum muncul indikasi kemacetan lalulintas. Beberapa kantong parkir yang disediakan bahkan belum terisi.

Dijelaskan Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungwangi AKP Sudarmaji, arus kendaraan mulai memadati kawasan pelabuhan diprediksi pada Selasa malam hingga Rabu (29/3/2017) dinihari. Untuk mengantisipasi kemacetan, aparat gabungan telah mensterilkan jalan raya di sekitaran pintu masuk pelabuhan.

“Baik di pintu masuk LCM maupun ASDP tidak boleh ada kendaraan yang parkir. Kendaraan dari arah utara menuju Bali dan Kota Banyuwangi harus menggunakan jalur kiri. Sebaliknya, kendaraan dari jalur selatan yang meninggalkan pelabuhan wajib menggunakan jalur kanan. Tidak boleh ada yang menyerobot jalur,” tegasnya.

Sejauh ini, aparat juga belum melakukan pengalihan arus khususnya di Pertigaan Farly Ketapang. Penutupan pertigaan tepat di depan Hotel Manyar tersebut bakal diberlakukan apabila kepadatan kendaraan di utara Markas TNI AL mulai terjadi.

“Sore ini Pertigaan Farly masih beroperasi seperti biasa. Pengguna jalan bisa menfaatkannya seperti biasa,” tambah AKP Sudarmaji.

Demi menghindari kemacetan, para pengendara dimintai mematuhi arahan aparat yang telah siaga di sepanjang jalur pantura Banyuwangi yang membentang dari Pelabuhan Ketapang sampai Polsek Wongsorejo. Karena Pelabuhan Ketapang bakal melayani trip pelayaran lagi pada pukul 04.00 WIB, Rabu (29/3/2017).

Penulis    : chamim

Editor      : Umi fadilah

Publish    :M.Sholeh

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password