Penipuan Melalui Medsos di Tolitoli Sulteng, MU Tertipu Jutaan Rupiah

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tolitoli, Sulteng, Sudah marak sekali penipuan-penipuan yang terjadi secara online, baik itu penipuan jual beli online, bahkan meminta sejumlah uang dengan mengatas namakan orang lain.

Salah seorang warga Tolitoli menjadi korbannya, namanya MU (33), seorang PNS di Kabupaten Tolitoli.

Kejadiannya pada hari Senin, 27 Maret 2017 pukul 07.53 WITA, saat itu MU sedang berada di rumahnya, dan menerima pesan dari orang yang mengaku sebagai rekannya, sebut saja namanya “Aco” lewat Massenger, aplikasi pengiriman pesan singkat di facebook. pengirim pesan tersebut juga menggunakan nama akun facebook “Aco”.

Kemudian si “Aco” meminjam uang sejumlah Rp 2.000.000 kepada MU dengan alasan, uangnya akan ditransfer ke temannya yang sedang sakit, dan menyuruh MU untuk mengirim uang tersebut ke nomor rekening atas nama EM, Bank Mandiri.

Tak lama itu, pukul 08.48 WITA, MU menerima pesan lagi dari “Aco” untuk mentransfer lagi uang sejumlah Rp 1.200.000 ke nomor rekening yang sama.

Pukul 15.31 WITA, MU menerima pesan lagi dari “Aco”, lagi-lagi “Aco” meminjam uang kepada MU, kali ini sejumlah Rp 3.200.000 dengan alasan, bahwa uang yang ditransfer tadi belum cukup, dan MU langsung mentransfer uang tersebut.

Keesokan harinya, tanggal 28 Maret 2017, MU yang merasa telah ditipu, melaporkan kejadian ini ke Polres Tolitoli, dengan nomor LP : 160 / III/ 2017 / Sulteng / Polres Tolitoli kasus penipuan lewat media sosial.

Akibat kejadian tersebut, MU mengalami kerugian sebesar Rp 6.200.000 dan “Aco” saat ini sedang dicari oleh Sat Reskrim Polres Tolitoli untuk diperiksa.

Saat dikonfirmasi Tribratanews, Kasat Reskrim Polres Tolitoli mengatakan “masyarakat Tolitoli agar lebih berhati-hati lagi menggunakan media sosial, seorang anak SD bisa membuat akun dengan nama akun seorang pimpinan dan meminta sejumlah uang kepada bawahannya, di media sosial, setiap orang bisa menjadi siapa saja”.

“Caranya, cek kebenaran pemilik akun tersebut, jika meminta sejumlah uang, mintalah untuk bertemu langsung, kalaupun itu keluarga, atau kerabat terdekat kita, telfon dan pastikan pengguna akun tersebut adalah benar. Jika sudah terlanjur mentransfer sejumlah uang, segera hubungi bank terkait, dan minta untuk memblokir ATM yang digunakan si pelaku” tambah Kasat reskrim Polres Tolitoli.

Penulis : Hernawan Saputra

Editor : Umi Fadilah

Gambar : Ilustrasi Internet

Publish : Syahrul Ashar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password