DITUDUH PERJUALBELIKAN SURAT KUASA DI SAMSAT : Ini Kata Kanit Regident Polres Bulukumba

Polda Sulsel, Bulukumba – Menanggapi tuduhan bahwa di Samsat Bulukumba terjadi “permainan” dengan diterbitkannya surat kuasa yang dianggap permainan, Kanit Regident Polres Bulukumba Ipda Sarifuddin mengklarifikasi hal tersebut.

Penjelasan Kanit Regident terkait isu tersebut bahwa prosedur setiap orang yang bayar pajak baik pengesahan maupun ganti plat harus ada foto kopi KTP (identitas) yang sesuai STNK atau surat kuasa bagi yang tidak mengurus sendiri/diwakilkan.

“Sebagai pelayan masyarakat Samsat menyiapkan blangko surat kuasa yang bermaterai 6000 sebagai wujud membantu mempermudah masyarakat, jadi pemohon  mengisi blangko surat kuasa dan materai 6000,” ucap Ipda Sarifuddin.

Kata Sarifuddin hal itu demi untuk percepatan pelayanan, jadi masyarakat tidak perlu mencari materei diluar dan kembali lagi untuk membuat surat kuasa, hal tersebut untuk membantu kecepatan masyarakat apalagi yang jaraknya jauh.

“Jadi ijin bahwa Samsat tidak menjual belikan surat kuasa akan tetapi surat kuasa dimaksud ditujukan kepada pemohon yang dikuasa wakilkan dan samsat menyediakan materei sebagai syarat surat kuasa yang diajukan sesuai ketentuan Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 tahun 2009 Pasal 43 dan Perkap No 5 Tahun 2015  Pasal 83, 84, 85,” pungkasnya.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password