Perayaan Hari Raya Nyepi Polisi Lakukan Pengamanan Pawai Ogoh-Ogoh.

Tribratanews.polri.go.id – Polres Way Kanan, dan jajaran melaksanakan pengamanan ribuan umat hindu berkumpul mengikuti pawai ogoh – ogoh dikecamatan banjit kabupaten way kanan, Senin (27/3) Upacara ini merupakan bagian dari perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1939. Tahun Baru Saka merupakan tonggak peringatan atas kejayaan hidup dan sekaligus hari toleransi, membangun harmoni, persaudaraan sejati dan introspeksi atas tindakan yang telah dilakukan selama hidup.

WhatsApp Image 2017-03-27 at 22.28.24 (2)

Ogoh-ogoh sendiri dari keyakinanan umat hindu merupakan cerminan sifat-sifat negatif pada diri manusia. Tradisi ini mengingatkan masyarakat bali khususnya.

WhatsApp Image 2017-03-27 at 22.51.28 (3)

Selain itu, ogoh-ogoh diarak keliling desa bertujuan agar kekuatan negatif yang ada di sekitar desa agar ikut bersama ogoh-ogoh. Ritual meminum arak bagi orang yang mengarak ogoh-ogoh di anggap sebagai perwakilan dari sifat buruk yang ada di dalam diri manusia. Beban dari berat yang mereka gendong adalah sebuah sifat negatif, seperti cerminan sifat-sifat raksasa, ketika manusia menyadari hal ini. akhir pengarakan ogoh-ogoh, masyarakat akan membakar figur raksasa ini, hal ini diungkapkan IPTU I Dewa Gede Anom salah satu polisi yang mengikuti perayaan hari raya nyepi.

 WhatsApp Image 2017-03-27 at 22.53.05 (2)

Kapolres way kanan AKBP Yudy Chandara Erlianto S.Ik,MH menambahkan, melalui Kabag Ops Kompol Yudi Pristiwanto , S.H pengamanan rute pawai di laksanakan di sepanjang jalan kampung nantinya saling bertemu di pertigaan kampung bali sadhar utara untuk melakukan atraksi ogoh – ogoh. Anggota bertugas untuk menjaga ketertiban, kelancaran dalam pengamanan sudah berada dilokasi mulai dari jam 16.00 wib hingga selesai pelaksanaan tidak ada yang meninggalkan tempat tugasnya,  jajaran juga menghimbau kepada tokoh agama, tomas, todat setempat beserta masyarakat dan pecalang untuk tetap menjaga ketertiban dan kerukunan masyarakat agar tetap kondusif, sehingga persatuan dan kesatuan bangsa ini bisa tetap terjaga,”Katanya.

WhatsApp Image 2017-03-27 at 17.27.49 (3)

Penulis : Adi Pranoto W.

Editor   : Umi Fadilah

Publish : Oto Adi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password