Kapolri Berikan Bantuan Dalam Operasi Kemanusiaan Tanggap Darurat Korban Banjir Bandang di Sumut

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumut. Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian memberikan bantuan berupa sembako dalam rangka membantu Korban Banjir di Kota Padang Sidempuan dan Kab. Mandailing Natal, yang terjadi pada hari Minggu, 26 Maret 2017. Bantuan tersebut diserahkan oleh Kapolres Padang Sidempuan AKBP M Helmi Lubis dan Kapolres Madina AKBP Rudi Rifani bersama Personil Polda Sumut dan Polres Padang Sidempuan, Polres Tapanuli Selatan dan Polres Mandailing Natal yang sebelumnya telah melaksanakan Operasi Kemanusiaan dan Tanggap Darurat Bencana kepada korban bencana banjir bandang di Kota Padang Sidempuan dan Kab. Mandailing Natal, Sumut.

WhatsApp Image 2017-03-28 at 09.23.32

Sebelumnya sebanyak 1 SSK (satuan setingkat kompi) Satuan Brimob Detasemen C Maragordong, Kabupaten Tapanuli Selatan bersama personil  Polres Padang Sidempuan dan Polres Tapanuli Selatan serta aparat TNI membantu masyarakat yang menjadi korban banjir mengevakuasi korban dan melakukan pembersihan sejumlah material pasca banjir di Kota Padangsidimpuan, Senin (27/3).

Ratusan personil tersebut juga membantu masyarakat yang menjadi korban banjir dengan mendirikan Posko Kemanusiaan.

Begitu pula di Kabupaten Madina, ratusan personil Polda Sumut dan  Polres Madina serta aparat TNI turut serta bergotong rotong membantu evakuasi dan membersihkan puing puing sisa bencana banjir bandang di rumah penduduk serta membersihkan Mesjid dan musholla. Para Bhayangkari Polres Madina turut andil membantu memberikan 300 nasi bungkus kepada masyarakat korban banjir

WhatsApp Image 2017-03-28 at 09.23.59

Selain mengevakuasi korban meninggal dunia dan luka-luka dan membantu membersihkan rumah penduduk yg menjadi korban, personil juga membantu pengamanan rumah rumah yang ditinggal oleh penduduk korban banjir yang mengungsi.Personil juga melaksanakan pengaturan lalulintas di sekitar lokasi terdampak banjir.

Kabid Humas Polda Sumut mengatakan bahwa bantuan dari Kapolri yang diberikan kepada warga korban bencana banjir di Kota Padang Sidimpuan dan Kabupaten Madina diberikan dalam bentuk sembako seperti mie instan, susu, roti, beras, telur, minyak goreng serta gula pasir.

“Dikota Padang Sidempuan bantuan diberikan dilokasi Pos Kemanusiaan Pos Batunadua Julu, Desa Ujung Padang, Kenanga, Aek Tampang, Posko Simapil Mapil Angkola Julu dan Posko Sihoping Batunadua Kec. Padang Sidempuan Selatan. Sementara di Kabupaten Madina bantuan diberikana kepada Posko Kemanusiaan Rimba Soping Batunadua dan Posko Desa Sijungkang kec Angkola Timur.” ujar Kombes Rina.

WhatsApp Image 2017-03-28 at 09.24.48

Sebelumnya diberitakan Banjir bandang yang terjadi di Kota Padang Sidempuan dan Kabupaten Madina pada Minggu (26/3) kemarin pukul 18.30 WIB telah melanda atau menyapu lima desa/kelurahan yang ada di daerah tersebut.

Akibat bencana alam tersebut, kata Kombes Rina, menimbulkan korban jiwa meninggal dunia lima orang, korban luka ringan (dalam rawat jalan empat orang) dan kerugian materil untuk sementara Rp 4.500.000.000.

“Banjir bandang di wilayah Kota Padang Sidimpuan karena hujan yang turun mulai pukul 16.00 WIB, sehingga mengakibatkan meluapnya Sungai Batang Ayumi Kota Padang Sidimpuan tepatnya di Kelurahan Sitamang Baru, Gg. Nauli,” katanya.

“Kerusakan yang didata sementara ini rumah rusak 17 unit, rumah hanyut 33 unit dan kendaraan hanyut sebanyak tujuh unit. Lokasi yang paling parah akibat banjir tersebut di Kelurahan Batunadua Julu, Kecamatan Padang Sidimpuan. Sekarang ini alat berat juga telah diturunkan untuk membantu evakuasi” kata Kombes Rina menjelaskan.

Penulis : Rico

Editor : Umi Fadilah

Penerbit : Rico

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password