Kasatbinmas Polres Trenggalek : Bhabinkamtibmas harus Peka dan Peduli

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Dua orang Bhabinkamtibmas jajaran Polres Trenggalek kembali menunjukkan kepeduliannya kepada sesama dengan cara memberikan bantuan sembako kepada warga tidak mampu di desa binaannya, Senin (27/03). Hal tersebut merupakan penjabaran dari program Polisi Peduli Sesama yang dicanangkan oleh Kapolres Trenggalek, AKBP Donny Adityawarman, S.I.K, M.Si sejak awal memimpin Polres Trenggalek.

Yang pertama, Bripka Danang, Bhabinkamtibmas Desa Ngerdani Kecamatan Dongko Trenggalek yang mengunjungi Mbah Katmi, seorang janda berusia 75 tahun yang hidup sebatangkara dan hidup serba kekurangan.

Menurut Bripka Danang, sudah menjadi kewajiban baginya untuk hadir dan membantu warga desa binaannya yang benar-benar tidak mampu dan membutuhkan uluran tangan. Baginya, ada kebahagiaan tersendiri saat ia bisa berbagi dengan sesama.

“Kondisi Mbah Katmi memang layak dibantu meskipun yang bisa saya berikan hanya sembako”, ujar Bripka Danang.

Aiptu Sukarni saat menyerahkan bantuan kepada Mbah Kasikem
Aiptu Sukarni saat menyerahkan bantuan kepada Mbah Kasikem

Kedua adalah Aiptu Sukarni. Bhabinkamtibmas Desa Nglebeng Kecamatan Panggul Trenggalek. Ia sengaja menyambangi rumah Mbah Kasikem, salah satu warga tak mampu di desa binaannya. Selain silaturahmi, Aiptu Sukarni juga menyerahkan bantuan berupa paket sembako kepada Mbah Kasikem.

“Sebagai Bhabinkamtibmas harus peka lingkungan, saat ada warga yang membutuhkan harus hadir dan membantu semampunya”, ujar Aiptu Sukarni.

Dihubungi terpisah, Kasatbinmas Polres Trenggalek, AKP Suyono, SH, M.Hum menuturkan, ia telah menekankan kepada semua Bhabinkamtibmas jajarannya untuk meningkatkan kegiatan sambang desa binaan dan hadir di tengah masyarakat. Jika ada yang memerlukan bantuan maka Bhabinkamtibmas harus peka dan peduli.

“Bantu sesuai dengan kemampuan kita. Setidaknya hadir dan berikan motivasi serta tunjukkan kepedulian kita kepada masyarakat”, ujar AKP Suyono.

Bagi AKP Suyono, Bhabinkamtibmas sebagai miniatur Polri di tingkat desa haruslah mampu berperan sebagai pengayom masyarakat. Oleh karenanya, sekecil apapun bantuan yang diberikan akan berkontribusi positif terhadap pola pikir masyarakat terhadap Polri.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password