Uji Publik Legal Draft Rancangan Perwali tentang Kewajiban Penyedia dan Pemasangan CCTV pada Bangunan Gedung

Tribratanews.polri.go.id – Makassar Sulsel, Pemerintah Kota Makassar, melalui Bagian Hukum dan Ham melaksanakan uji Publik Legal Draft Rancangan Perwali tentang kewajiban penyedia dan pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) pada bangunan Gedung acara ini dilaksanakan di Ruang Pola Sipakalebbi Kantor Walikota Makassar, Senin (27/3/17).

Wakapolda Sulsel Brigjen Pol. Gatot Eddy Pramono, juga turut dalam uji publik ini bersama Kasdam VII Wirabuana, pemateri Prof. DR. Muin Fachmal, Irawan, ST, MT. Jalannya uji publik dipandu oleh Bapak Andi Mangara.

Uji publik yang disiarkan secara langsung TVRI ini diikuti 150 Peserta yang terdiri dari para Lurah, Camat, Asisten Pemkot, dan Sekda Kota Makassar, merupakan sejarah bagi Pemkot, terkait keluarnya sebuah regulasi di kota Makassar.

Dalam pendapatnya pada uji publik tersebut, Wakapolda Sulsel menyampaikan, kejahatan akibat kemajuan teknologi semakin marak, “Maka semestinya penanganannya harus pula, memanfaatkan teknologi, seperti Pemasangan CCTV agar pengawasan Ke aman suatu daerah dapat lebih maksimal,” ucapnya.

Selain itu, Brigjen Pol Gatot Eddy Pramono menegaskan bahwa Keamanan mutlak diwujudkan karena adalah salah satu prasyarat sebuah daerah maju, kalau tidak aman investor ragu berinvestasi.

“Masyarakat mesti bersyukur, Walikota punya wawasan begini, apalagi Tahun 2018 direncanakan pemasangan 3000 unit, nantinya akan jadi kota teraman dan terbaik,” jelas Wakapolda.

Walaupun sudah kita maksimalkan CCTV, kata Wakapolda, tapi dari segi keamanan, yang lebih penting diperhatikan adalah langkah preventif terjadinya kejahatan.

Diakhir, pemaparannya Wakapolda mengajak seluruh elemen masyarakat mendukung langkah kebijakan Walikota Makassar terkait pemasangan CCTV ini, Wakapolda sendiri menegaskan bahwa jajaran Kepolisian mendukung Langkah Walikota Makassar tentang pemasangan CCTV.

Sebelumnya jajaran Pemerintah Kota Makassar dipimpin Ir, H. Muh. Ramdan Pomanto, dan Wawali Dr. Syamsu Rizal telah berkomitmen bahwa perumusan regulasi di Kota Makassar harus melibatkan stakeholder dan masyarakat luas untuk menguji  sebuah aturan yan baik, agar mendapatkan sebuah produk hukum yang kuat.

“Walikota Makassar mengatakan CCTV mutlak bagi sebuah kota modern, saat ini 100 unit kita miliki, luar biasa, kami punya koneksi langsung ke Polrestabes, “kata Ramdan Pomanto,”Ini semua bagian dari Smart City, 3 lingkungan yang konsen kita awasi, sekolah, sosial dan keluarga,” kata Walikota.

Penulis : Taufik

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password