Taklukkan Medan Terjal, SAR Brimob Polda Sulut dan Tim Gabungan Berhasil Evakuasi Jenazah Pendaki Gunung Lokon

Tribratanews.polri.go.id, Polda Sulawesi Utara – Proses evakuasi jenazah David Lambanaung (17), pendaki Gunung Lokon Tomohon yang ditemukan meninggal dunia, Minggu (26/03/2017) sekitar pukul 11.30 WITA turut melibatkan Tim SAR Satuan Brimob Polda Sulut.

Korban yang sehari sebelumnya, Sabtu (25/03) dilaporkan hilang, ditemukan meninggal dunia di turunan tebing menuju kawah gunung tersebut. Medan yang terjal membuat proses evakuasi mengalami sedikit kendala, hingga tim gabungan awal yang terdiri dari kepolisian, TNI, BPBD, Basarnas, Linmas dan warga meminta bantuan Tim SAR Satuan Brimob Polda Sulut.

Minggu sekitar pukul 13.00 WITA, pihak Satuan Brimob Polda Sulut menerima informasi tersebut. Kasat Brimob, Kombes Pol Iskandar pun langsung memerintahkan Tim SAR berjumlah 22 personel untuk membantu evakuasi korban. Setelah tim tiba di Tomohon, pendakian menuju puncak dimulai sekitar pukul 15.00 WITA.

Jenazah pemuda warga Kelurahan Banjer, Kota Manado ini akhirnya berhasil dievakuasi pada pukul 17.15 WITA oleh tim gabungan dari Polsek Tomohon Utara, Polres Tomohon, TNI, BPBD, Basarnas, Linmas dan warga. “Jenazah selanjutnya dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara Manado untuk diperiksa,” singkat Kapolres Tomohon, AKBP Monang Simanjuntak melalui Kasubbag Humas, Ipda Johnny Kreysen.

Diketahui, korban mendaki Gunung Lokon pada hari Sabtu bersama 5 temannya, 2 pria dan 3 wanita, yakni Zaklin Tukede (17), Imanuel Kaunang (17), Megumi Runtu (15), Mega Kalangi (15) dan Tesa Kalangi (15).

Rekan-rekan korban menjelaskan, sekitar pukul 17.00 WITA korban turun seorang diri ke kawah untuk menuliskan nama. Awalnya mereka sempat melihat korban kembali naik dari sekitar kawah, namun karena cuaca berkabut merekapun tidak bisa lagi melihatnya. Hal tersebut kemudian dilaporkan ke Polsek Tomohon Utara.

Usai menerima laporan, Kapolsek Tomohon Utara, AKP Bartholomeus Dambe segera berkoordinasi dengan BPBD Kota Tomohon dan Basarnas lalu menuju lokasi kejadian untuk melakukan pencarian. Upaya pencarian sempat dihentikan pada tengah malam mengingat faktor cuaca dan dilanjutkan pagi hari hingga akhirnya korban berhasil ditemukan dan dievakuasi.

Penulis: Rony
Editor: Umi Fadilah
Publish: Rony

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password