Masyarakat Bali Melasti, Polda Bali Kerahkan Personelnya untuk Atur Lalu Lintas

polisi aturlalin

Tribratanews.polri.go.id-Polda Bali melaksanakan pengamanan yang sangat maksimal kepada masyarakat Bali yang akan melaksanakan perayaaan hari raya Nyepi. Seperti dari tahun ke tahun, sebelum hari raya Nyepi masyarakat Bali menggelar Upacara Melasti ke pantai. Atas hal tersebut, Polda Bali mengerahkan personel yang tergabung dalam Operasi Cipta Kondisi Agung I Tahun 2017 di tiga titik yaitu di sepanjang jalur menuju Pantai Lembeng Gianyar, Pantai Padang Galak Sanur, dan Pantai Peti Tenget Kuta, Sabtu (25/3).

Disela-sela pengamanan, Kasatgas II Ops Cipkon Agung I Tahun 2017 AKBP A.A Gede Rai Sukajaya, S.H., M.H mengatakan tujuan pengamanan jalur adalah untuk menjamin arus lalu lintas pada saat kegiatan melasti. Jalur melasti sudah diantisipasi mulai dari tanggal 24 Maret sore hingga tanggal 26 Maret pagi. Personel yang dikerahkan melakukan pengaturan lalu lintas berkoordinasi dengan para Pecalang Desa Adat, TNI dan Dinas Perhubungan. “Melalui pengaturan dan penjagaan, sehingga kegiatan Melasti tidak menimbulkan kemacetan lalu lintas,” ujar Perwira menengah dengan melati dua di pundak ini.

AKBP A.A Gede Rai Sukajaya, S.H., M.H menambahkan Polda Bali melakukan penebalan ke masing-masing satuan wilayah khususnya Gianyar, Denpasar dan Badung. Personel di kewilayahan selalu siaga dalam pengamanan rangkaian kegiatan hari raya Nyepi Tahun Saka 1939. “Berdasarkan data dari Biro Ops Polda Bali, Polda Bali mengerahkan 5.626 personel Polri dengan melibatkan 21.169 Pecalang untuk pengamanan hari raya Nyepi,” ungkap perwira menengah yang keseharianya bertugas sebagai Kasubdit Gasum Dit. Sabhara Polda Bali ini.

Untuk diketahui, Melasti merupakan upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya Nyepi, oleh seluruh umat Hindu di Bali. Upacara melasti biasanya dilaksanakan di pinggir pantai dengan tujuan untuk mensucikan diri dan penyucian benda sakral milik pura seperti pralingga atau pratima Ida Bhatara dan segala perlengkapannya.

Sumber : Bina Wartawan Humas Polda

Publish : Bina Wartawan

Admin Polri25091 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password