Polsek Cilongok Polres Banyumas Tanamkan Cinta Tanah Air melalui PSA

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Berbagai cara dilakukan untuk menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap Polri. Seperti halnya yang dilakukan oleh Polsek Cilongok Polres Banyumas yang melakukan pendekatan sejak dini kepada anak-anak melalui kegiatan Polisi Sahabat Anak (PSA) di TK Diponegoro yang terletak di desa Pageraji Cilongok, Sabtu 25 Maret 2017.

Kegiatan ini selain bertujuan untuk memperkenalkan diri kepada anak-anak juga bertujuan untuk menanamkan rasa kecintaan mereka kepada Polri serta menanamkan sikap disiplin, cinta tanah air dan bangga sebagai bangsa Indonesia.

Sementara itu Kapolsek Cilongok AKP Warsono, S. Sos menyampaikan bahwa pendekatan petugas Polisi kepada anak sejak dini dapat menjadikan kenangan tersendiri bagi mereka.

“Dengan penyampaian materi yang mengedepankan Senyum Salam dan Sapa akan menambah keakraban serta dapat merubah image kepada mereka bahwa Polisi bukanlah sosok yang menakutkan.”, ucapnya.

Selain menyampaikan materi kedisiplinan disampaikan juga penyuluhan tentang maraknya isu penculikan terhadap anak-anak. Kapolsek menambahkan bahwa berita tersebut tidak benar. Namun demikian dihimbau agar anak-anak dan orang tua tetap waspada dan terlebih kepada para orang tua agar selalu menjaga dan mengawasi anaknya.

Kepada siswa siswi TK Diponegoro Cilongok, Kapolsek juga menyampaikan agar saat berangkat dan pulang sekolah anak-anak jangan mampir kemana-mana. Apabila akan pergi bermain juga harus pamit kepada orangtua.

“Jika pada saat bermain ada orang tidak dikenal memberikan sesuatu atau mengajak pergi ke suatu tempat, anak-anak jangan mau. Apabila dipaksa, berteriaklah minta tolong. Untuk itu anak-anak tidak boleh main terlalu jauh dan main ditempat yang sepi, mainlah ditempat yang mudah diawasi oleh orang tua.”, imbuhnya.

Melalui kegiatan PSA yang diikuti kurang lebih 30 anak-anak TK Diponegoro dan juga dihadiri oleh Kepala sekolah, guru, wali murid ini diharapkan para anak-anak nantinya bisa lebih disiplin, taat aturan dan memiliki rasa cinta kepada Tanah Air.

Penulis : Aiptu Bhara Polsek Cilongok

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password