Polsek Laweyan Surakarta Grebek Tempat Sabung Ayam

Tribratanews.polri.go.id.Polresta Surakarta. Polri harus bertindak proaktif mensikapi informasi dari masyarakat tentang adanya dugaan perjudian sabung ayam. Pengecekan segera dilakukan dalam rangka mencari bukti dan keterangan saksi atas informasi tersebut.

IMG-20170326-WA0055

Kapolsek Laweyan Kompol Saprodin bersama anggotanya dari Unit Reskrim, Unit Intelkam dan Unit Sabhara pada hari Minggu (26/03/2017) pukul 12.45 WIB melakukan pengecekan lokasi yang diduga sebagai tempat berlangsungnya perjudian sabung ayam, yaitu di rumah milik Misbah yang beralamat di Kp. Tegalsari RT 01/01, Kal. Bumi, Kec. Laweyan Surakarta.

Pada saat pengecekan ini didapati 8 orang sedang menyaksikan sabung ayam dengan 2 ayam yang sedang bertarung dan beberapa ayam dalam kandang serta sangkar di lokasi tersebut.

Kemudian dari hasil pengecekan itu, Polsek Laweyan kemudian mengambil langkah mengamankan pemilik rumah dan 8 orang yang sedang menyaksikan sabung ayam untuk dilakukan pemeriksaan. Mereka adalah :
1. Sugiyarto.
2. Bambang Kethul.
3. Supardi.
4. Yan Budi Hartono.
5. Hariyanto Ardi Waskito.
6. FX. Gyarta.
7. Tono Dwi Hadiyanto.
8. Catur Sigit W.
9. Misbah (pemilik rumah).
Dari hasil pemeriksaan diketahui bahwa benar telah terjadi sambung ayam, dengan disaksikan oleh 8 orang. Namun dalam sabung ayam tersebut tidak ada yang taruhan baik barang maupun uang. Mereka melakukan sabung ayam dengan maksud mencoba ayam jago, untuk dijadikan patokan kwalitas harga jual ayam tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut Polsek Laweyan kemudian mengambil langkah-langkah sebagai berikut :
1. Dilakukan pembinaan dan monitor dengan mengedepankan Bhabinkamtibmas setempat Kal. Bumi Kec. Laweyan.
2. Dari 9 orang yang diamankan, masuk dalam catatan sebagai pengawasan dengan wajib lapor setiap hari Senin dan Kamis di Polsek Laweyan.
3. Menegaskan agar tempat tersebut tidak akan diulangi lagi dalam kegiatan mencoba sabung ayam.
4. Pemilik rumah (Misbah – red) dengan surat pernyataan tidak mengijinkan rumahnya digunakan untuk arena sabung ayam lagi.
5. Kesembilan orang tersebut berjanji akan selalu membina lingkungan, dengan tidak berbuat resah melakukan sabung ayam di lingkungan masing-masing.

Terpisah, Kapolsek Laweyan menjelaskan, “Kami mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan informasi apapun terkait gangguan Kamtibmas kepada Polri. Hal ini menunjukkan kepedulian mereka terhadap lingkungan dan kepercayaan mereka kepada Polri untuk menindaklanjuti. Kali ini tentang informasi dugaan perjudian sabung ayam ini tidak terbukti, tapi kami akan tetap melakukan pengawasan terhadap mereka yang kami periksa hari ini untuk memastikan kegiatan sabung ayam itu dihentikan karena telah mengganggu kenyamanan warga masyarakat sekitar lokasi.”

Penulis : Heri Laweyan
Editor : Umi Fadhila
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password