Pengamanan Festival Ogoh-ogoh Polres Lampung Selatan

WhatsApp Image 2017-03-26 at 15.53.48

Tribratanews.polri.go.id, Polres Lampung Selatan – Festival Ogoh Ogoh tingkat Kabupaten digelar di Lapangan Kecamatan  Way Panji Kabupaten  Lampung Selatan, pada hari Minggu (26/3/2017, mulai  pukul 09.00 WIB.

Kegiatan ini di laksanakan  dalam rangka menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1939.

Peserta Festival ada 5 kecamatan, yakni  Way Panji, Sidomulyo, Palas, Candipuro, dan Ketapang, denagn jumlah ogoh-ogoh sebanyak  9 , terdiri dari,

Kecamatan Way Panji, menampilkan  4 ogoh-ogoh, dan  Kecamaatan Ketapang  menampilkan 2 ogoh-ogoh.

Sedangkan 3 kecamatan lainnya, yakni Sidomulyo, Candipuro, dan Palas, masing-masing menampilkan 1 ogoh-ogoh.

Sejumlah Pejabat Lampung Selatan hadir hadir dalam kegiatan ini, diantaranya :

  1. Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto beserta rombongan
  2. Kapolres Lampung Selatan, yang diwakili Kabag Ops Polres Lampung Selatan, Kompol. M. Reza CAS,SIK,SH,MH
  3. Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Lampung Selatan, Made Sukintre, juga selaku anggota DPRD Lampung Selatan.
  4. Camat Way Panji M. Isro, dan Uspika Kecamatan Way Panji
  5. Para Kepaka Desa se Kecamatan Way Panji
  6. Para Pemangku Adat Bali dan tokoh masyarakat
  7. Para peserta festival , dan
  8. Masyarakat Way Panji dan sekitarnya, serta pengunjung lainnya yang mencapai sekitar 2000 orang, sehingga suasana tampak meriah.
  9. WhatsApp Image 2017-03-26 at 16.30.48
    Salah satu bentuk ogoh-ogoh yang ditampilkan dalam Festival

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan Tari Panembrama, sebagai  Sambutan kepada Tamu Kehormatan.

Ketua Panitia Penyelenggara, Wayan Suadi, dalam laporannya  antara lain menyampaikan bahwa,  Ogoh-ogoh merupakan simbol kekuatan negatif yang harus di netralisir dengan Tawur Agung.

Adapun tujuan kegiatan  festival ini adalah untuk memeriahkan Tahun Baru Caka 1939, sebagai wadah krativitas para pemuda yang bersifat positif, dan meningkatkan kesatuan dan persatuan umat hindu dharma serta umat beragama lainnya.

Senada dengan Ketua Panitia, Wakil Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto dalam sambutan yang sekligus membuka Festival tersebut antara lain menekankan  tentang pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan, mengingat masyarakat Lampung Selatan sebagai bagian dari NKRI  yang diwarnai kemajemukan dan perbedaan. Bila kemajemukan dan perbedaan itu dimanfaatkan, maka akan menjadi potensi kekuatan dan keutuhan bagi bangsa Indonesia tercinta ini. Demikian ujar Nanang Ermanto.

Kegiatan Festival ogoh-ogoh tersebut dijaga dan diamankan oleh Polres Lampung Selatan, dengan menurunkan sejumlah personil yang dipimpin langsung  oleh Kabag Ops Polres Lampung Selatan, Kompol M.Reza CAS,SIK,MH, guna mengantisipasi  gangguan yang mungkin timbul saat kegiatan berlangsung, mengingat akumulasi massa yang cukup banyak.(*)

Penulis : Suripto – Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password