Polres Bone Tangkap Tiga Pelaku Curnak, Satu Diantaranya Didor

Tribratanews.polri.go.id – Bone Sulsel, Anggota Polsek Kajuara bekerjasama dengan Tim Resmob unit III Polres Bone Aiptu Riad, S.Sos meringkus tiga orang diduga pelaku pencurian ternak (Curnak) di Dusun Cangkano Drsa Bulu Tana Kecamatan Kajuara Kabupaten Bone, Sabtu (25/3/2017) malam, sekira pukul 23.00 Wita.

Ketiga pelaku tersebut diketahui bernama Nasir alias Sire (40) dan Hasan (26) warga Dusun Cangakano Desa Bulu Tana Kecamatan Kajuara Kab Bone serta Akmal alias Male (36) warga Dusun Kawarang Desa Abbumpungeng Kecamatan Kajuara.

Dari hasil introgasi, Nasire mengaku telah mencuri seekor sapi di Dusun Paenre Desa Gona Kecamatan Kajuara.

Usai diintrogasi, aparat lalu membawa Nasire untuk menunjukkan tempat kejadian perkara (Tkp). Saat tiba dilokasi, Pelaku memberontak dan berusaha melarikan diri sehingga petugas memberikan tembakan peringatan ke udara tiga kali namun tetap tidak dihiraukan dan dilakukan tindakan tegas dengan mengarahkan tembakan kebagian betis kaki  kiri dan kanan yang membuat Nasire tersungkur.

Nasire yang menderita luka tembak dilarikan ke Puskesmas Kajuara untuk mendapatkan perawatan medis.

“Usai dilumpuhkan pelaku lalu dibawa ke Puskesmas guna mendapatkan perawatan medis, namun saat ini pelaku tersebut telah dirujuk ke Rumah Sakit Tenriawaru untuk menjalani perawatan khusus,” ujar Kapolsek Kajuara Akp Habil.

Tak hanya mengamankan tiga orang pelaku, petugas juga menyita barang bukti berupa satu unit Mobil pick up grandmax warna hitam no. Pol DW 8951 AB dan Selanjutnya dibawa ke Polsek Kajuara.

Kasus pencurian yang terjadi khususnya di wilayah Kabupaten Bone mendapat perhatian Khusus oleh Kapolres Bone Akbp Raspani, S.Ik dan mengapresiasi anggotanya yang telah berhasil mengungkap pelakunya.

“Tidak ada ampun buat pelaku pencurian,  apalagi merupakan residivis yang kerap melakukan tindak pidana” ujar mantan Kapolres Mamuju Utara tersebut.

Lanjut Kapolres, ini merupakan kerja nyata dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat dan saya ucapkan terimakasih kepada tim resmob yang bekerja terus untuk memburu pelaku-pelaku kriminal. Pungkasnya.

Semakin maraknya kasus pencurian ternak membuat masyarakat menjadi resah, pelaku pencurian ternak bukan lagi pelaku yang amatir bahkan ada pelaku yang memang sudah menjadi spesialis curi ternak, sehingga dengan mengetahui factor- faktor pencurian ternak kita dapat mengetahui apa yang menjadi penyebabnya dan dapat mengetahui penanggulangannya.

Faktor – faktor penyebab terjadinya tindak pidana pencurian ternak diantaranya faktor ekonomi, faktor niat dan kesempatan, faktor karena mudah diperjual belikan, faktor TKP karena mudah dimasuki oleh pelaku dan faktor pelaku yang sudah menjadi profesi khusus atau spesialis curi ternak.

Untuk mencegah pencurian hewan peliharaan, Anda harus waspada. Ada hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga hewan peliharaan anda aman. Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

1.Pastikan bahwa hewan peliharaan terdaftar dan berlisensi.

2.Tinggal dilingkungan yang aman.

3.Jangan pernah meninggalkan tanpa pengawasan hewan peliharaan Anda.

4.Beritahu petugas keamanan atau petugas penegak hukum segera setelah anda menyadari hewan peliharaan anda hilang.

5.Tetap waspada dan menjaga pengawasan yang ketat pada hewan anda.

Penulis : Hendrik P

Editor : Umi Fadilah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password