Polisi Gunakan Teknologi Modern dalam Mengungkap Identitas Korban Pembunuhan di Kulonprogo

Tribratanews.polri.go.id – JOGJA – Keberhasilan polisi mengungkap identitas korban pembunuhan di Selokambang Kulonprogo melibatkan teknologi canggih. Ketiadaan identitas pada korban pembunuhan dan tidak adanya saksi di TKP seringkali menyebabkan polisi kesulitan mengungkap identitas korban.

Seiring kemajuan teknologi informasi, kepolisian pun saat ini sudah melengkapi diri dengan peralatan modern. Seperti Mambis, alat yang digunakan oleh Satuan Reserse Kriminal Polres Kulonprogo saat mengidentifikasi mayat yang ditemukan di Selokambang Kulonprogo (Sabtu 25/03, 21.00 WIB).

“Untuk mengetahui identitas korban hanya diperlukan waktu tidak sampai 5 menit, bahkan bisa kurang dari itu,” jelas Dadang Arif Juniarto, A.Md. salah satu anggota INAFIS saat dihubungi melalui redaksi Tribratanews.

Dengan koneksitasnya ke database e-KTP, maka sidik jari yang telah direkam akan langsung dikonfirmasi alat tersebut dan akan diketahui identitas korban. Mambis atau Mobile Automated Multi Biometric Indentification System adalah peralatan berbasis teknologi informasi yang didesain khusus untuk mengatasi ketiadaan saksi dan bukti fisik di TKP untuk mengungkap identitas korban.

Menurutnya, proses perekaman sidik jari bisa dilakukan langsung ke tubuh korban juga bisa pada jejak sidik jari laten yang tertinggal pada benda di TKP.

“Hal ini sangat membantu, sehingga dengan segera kita bisa ketahui identitas korban, kemudian bisa menghubungi keluarganya atau untuk melengkapi bahan penyidikan dengan melacak orang – orang yang terakhir bersama korban,” tutup Dadang saat memberikan keterangan kepada Tribratanews.

penulis: dheny

editor: umi fadilah

publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password