Transportasi umum di Solo : Pemkot Surakarta MoU Jasa Transportasi Berbasis Jalan

 

Tribratanews.polri.go.id.Polresta Surakarta. Bertempat di Bale  Tawangruum Balaikota Solo, Sabtu, 25/3/2017 pukul 13.00 Wiba s/d 14.30 Wib telah berlangsung penandatangan kesepakatan bersama antara Pemerintah Kota Surakarta dengan Koperasi Trans Rodasejati dan Koperarasi Nersama Satu Tujuan.Mou ini adalah Tentang kerjasama pengelolaan pelayanan angkutan massal berbasis jalan wilayah perkotaan Surakarta kegiatan tersebut dihadiri sekitar 80 Orang.

IMG-20170325-WA0068

Pejabat yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah
– FX Hadi Rudiyatmo Walikota Surakarta
– Kompol Imam Safi’i Kasat Lantas Polresta Surakarta.
– Honda anggota DPRD komisi III Kota surakarta.
– Hari Prihatno (lKabid Dishub Kota Surakarta.
– Direktur Perum Damri.
– M.Usman Kabid Parkir
–  Agus Ketua BST Batik Solo Trans
– Triyono Ketua TRS Trans Roda Sejati.

Adapun materi yang di sampaikan terkait Mou oleh Hari Prihatno kepala dinas perhubungan kota Surakarta sbb :

– Sesuai dengan amanat Undang – undang No 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan maka pemerintah daerah bertanggung jawab atas penyelenggaraan angkutan umum yang selamat, aman, nyaman dan terjangkau dan wajib menjamin tersedianya angkutan umum untuk jasa angkutan orang.

– Pemerintah Kota Surakarta telah merencanakan sistem angkutan umum dengan melayani 15 (lima belas) koridor. Dengan rincian 7 (tujuh) koridor direncanakan dilayani denga  Bus mediun dan 8 (delapan) koridor dilayani dengan angkutan feeder.

–  Saat ini kota surakarta telah dilayani 3 (tiga) koridor Batik Solo Trans dengan Operator Perum Damri dan PT, PST.

– Pada tahun 2017 ini Pemerintah Kota Surakarta telah menyiapkan sarana dan prasarana serta rute trayek untuk koridor 11 (sebelas) dan 13(tiga belas) yang akan dilayani dengan Feeder Batik Solo Trans dengan Operator adalah Koperasi bersama satu tujuan dan koperasi roda sejahtera.

– Untuk melaksanakan penyelenggaraan umum pada koridor 11 (sebelas) dan 13 (tiga belas) maka pemerintah Surakarta melaksanakan kesepakatan bersama dengan koperasi bersama satu tujuan dengan koperasi roda sejahtera tentang kerja sama pengelolaan pelayanan angkutan massal brrbasis jalan wilayah perkotaan Surakarta.

Sementara itu FX Hadi Rudityatmo Walikota Surakarta memberi sambutan sbb :
– Pada hari ini kita telah menyaksikan pendandatanganan kesepakatan antara pemerintah kota Surakarta dengan Koperasi bersama Satu tujuan. Penerintah Kota Surakarta ini memeikirkan serius tentang angkutan jalan yang beroperasi di wilayah Solo , sehingga saya harapkan masyarakat harus rukun sehingga kalau ada permasalahan harus dikoordinasikan secara baik dan apabila kalau ada permasalahan maka harus diselesaikan  secara musyawarah jangan ribut ke sana ke sini yang tidak ada manfaatnya.

– Dan ini tantangan bagi semua angkutan di Kota Solo. Pemerintah pusat akan memberikan angkutan yang lebih baik sehingga saya mengharapkan  angkutan yang ada di wilayah Solo memberikan pelayanan yg lebih baik kepada penumpangnya. Kalau tidak mengikuti arus zaman maka para pemilik angkutan semakin lama akan tergilas. Dan saya tidak mengharapakan ada perselisihan antara Koperasi Trans Roda Sejati dengan Koperasi bersama satu tujuan, kami mengharapkan saling menghormati dengan kesepakatan penandatanganan ini.

– Kalau perlu ada permasalahan harus diselesaikan dulu saya tidak mau ada yang menjadi raja-raja kecil di kota Solo kalau saya temukan ada pelanggaran hukum kami akan menyelesaikannya secara hukum juga.

– Permohonan untuk mengajukan koperasi Rp.1.000.000,(Satu juta rupiah) saya menyetujui akan tetapi harus sesuai konsekuensi dan jangan mengingkari. Saya mengharapkan dalam melayani masyarakat memberikan pelayanan secara baik dan saya juga berharap kalau dalam keadaan melayani penumpang jangan menghisap rokok di dalam mobil yang ber AC bila ada yang melanggar saya akan menarik lagi angkutan tersebut. Selama kegiatan berlangsung situasi aman kondusif.

Penulis : Miun Kliwon
Editor   : Umi Fdhila
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password