Cek Dinamika Operasi Lilin Candi 2016, Tim Supevisi Mabes Polri Kunjungi Polres Brebes

img_1576

img_1576Tribratanewspolri – Tim supervisi Ops Lilin 2016 dari Mabes Polri yang dipimpin oleh Brigjen Pol Drs Eko Budi Sampurno, Msi mengadakan kegiatan Supervisi di Satwil jajaran Ex-Polwil Pekalongan terkait dengan pelaksanaan Ops Lilin Candi 2016, Senin (26/12/2016).

Kegiatan yang digelar di Aula Mapolres Brebes ini diikuti oleh para Waka Polres, Kabag Ops, Kasat Lantas dan para operator serta perangkat lainya yang terlibat Operasi Lilin. Dari 7 Polres di eks-wil Pekalongan, yakni Polres Brebes, Tegal (Slawi), Tegal Kota, Pemalang, Pekalongan, Kajen dan Polres Batang.

 

Kehadiran rombongan dari Mabes Polri disambut oleh Kapolres Brebes AKBP Luthfie Sulistiawan di loby Mapolres dan dilanjutkan menuju aula Mapolres Brebes.

 

Disampaikan oleh Kapolres Brebes dalam sambutannya dijelasakan bahwa pelaksanaan operasi Lilin Candi di Wilayah Eks Wil Pekalongan sampai saaat ini relatif kondusisif dan aman. Dijelasakan secara singkat, bahwa penggelaran personel yang dilibatkan pengamanan ini tidak hanya terfokus digereja yang dijadikan sebagai tempat ibadah oleh umat Kristiani untuk beribadah Natal 2016. Melainkan disebar juga dibeberapa penggal jalan yang mempunyai kerawanan terkait adanya lonjakan arus lalu lintas saat libur Natal dan menjelang tahun baru 2017.

 

Secara khusus Kapolres Brebes menyampaikan bahwa di wilayah Kabupaten Brebes untuk kepadatan arus mengalami kenaikan tapi tidak signifikan. Adanya kendala jalan rusak di wilayah jalur selatan sedikit menghambat namun demikian masih bisa diantisipasi oleh personel yang ditempatkan di Pospam penggal Jalan. 

 

Disampaikan juga oleh Luthfie, pelaksanaan ibadah Natal geraja-gereja di Kabupaten Brebes sampai dengan saat ini masih aman. Menurutnya, hal ini tidak terlepas dari peran serta seluruh Instansi terkait yang ikut melaksanakn pengamanan Operasi lilin Candi 2016 di Kabupaten Brebes.

 

“Kepada Tim Supervisi mohon petunjuk dan arahan arahan guna menambah motivasi untuk meperbaiki kekurangan dalam pelaksanaan operasi ini,” kata Kapolres Brebes mengakhiri sambutannya.

 

Sementara itu, Brigjen Pol Drs Eko Budi Sampurno, menyampaikan Supervisi bertujuan untuk melihat sampai sejauh mana dinamika operasi lilin berjalan dan mengetahui hambatan hambatan apa yang terjadi dilapangan dan memberikan motivasi semangat agar bekerja lebih baik lagi.

 

”Operasi lilin sudah sering kita laksanakan, namun adanya dinamika yang terus berkembang, sehingga hal tersebut diperlukan antisipasi tersendiri. Melalui pengecekan ini juga kita bisa mengerti sejauh mana pelayanan Polri kepada masyarakat terkait pengamanan Natal dan Tahun baru 2017,” terangnya.

 

Dalam kesempatan ini juga, pihaknya yang hadir bersama rombongan akan melakukan pemeriksaan terkait administrasi maupun kesiapan piranti linak (pilun) antara lain siap posko, siap lat pra ops, kesiapan personil yang melakukan operasi dan saran dan prasarana termasuk kesiapan anggaran. Kegiatan dilanjutkan dengan pendalaman materi pemeriksaan oleh rombongan kepada para perwakilan masing-masing Polres jajaran eks wil Pekalongan. (Hms)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password