Berbagi Nasi Jogja, Gerakan Positif Peduli Sesama Warga Jogja

705082ab-52dc-4e9d-b25c-e28312e90582

Tribratanews.polri.go.id -JOGJA- Berawal dari keinginan dan kepedulian untuk memberikan makanan yang layak bagi masyarakat kurang mampu, sekelompok warga Jogja yang tergabung dalam “Berbagi Nasi Jogja” setiap Jum’at malam membagikan nasi bungkus beserta air minumnya kepada warga yang kurang beruntung tinggal di jalan (tunawisma).

Gerakan Berbagi Nasi merupakan gerakan kepedulian sosial yang memiliki visi membantu orang-orang yang tidak mampu dalam mendapat makanan yang layak secara rutin. Gerakan ini dilakukan dimalam hari, pukul 21.00 WIB malam mereka berkumpul dan mengatur titik jalur yang akan dilintasi. Sasaran utama mereka adalah warga yang tidur beralaskan bumi dan beratapkan langit, selain itu para pekerja ditengah malam seperti pemulung, tukang becak, tukang sampah.
Alasan mereka gerakan ini dilakukan di malam hari karena di malam hari, kita bisa mengetahui keadaan mereka yang kurang mampu, kondisi ekonomi yang kurang dan sama sekali enggan untuk meminta.

ed869a49-5118-4012-a9c9-e6f747bb8c68Melihat Gerakan yang murni dilakukan untuk kepedulian sosial ini, Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri, M.Si., yang didampingi Kabid Humas Polda DIY AKBP Yuliyanto, S.I.K dan Kasubdit Bintibluh Binmas AKBP Sinungwati,SH., sangat mengapresiasi sehingga turut berpartisipasi mengikuti gerakan Berbagi Nasi di wilayah Jogja. “Sebuah kegiatan yang bernilai positif bagi kita, rasa sayang dan mengasihi sesama menjadikan mereka tergerak hatinya untuk melakukan ini”, ujarnya saat ditemui juru pewarta TribrataNews, Jum’at (24/3/2017) malam.

Lanjut Kapolda mengutarakan, Sekelompok Anak Muda yang bertindak sekecil apapun namun untuk membantu orang lain, hal ini artinya masih banyak anak muda yang peduli dengan sesama terlebih kepada orang tua yang kurang mampu.”Semua komunitas apapun, yang melakukan hal positif dalam rangka kebaikan, saya patut mengapresiasi. Semata-mata semangat yang sama, kita ingin masyarakat yang tertib, damai, tenang dan merasa aman dengan tidak adanya penganiayaan”, pungkasnya.

Ada kalimat yang sangat mengetuk pintu hati kita agar kita melakukan kebaikan kepada sesama selama gerakan Berbagi Nasi tadi malam. Bahwa dimulai dari sebungkus nasi ini bisa mengajarkan kita banyak hal.

“Saatnya kita bergerak, walau hanya dimulai dari sebungkus nasi!!!”

Penulis : RenD
fotografer : tRI
editor : Umi Fadilah
sumber : dari berbagai sumber
publish : jay Jogja

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password