Kapolsek Semaka Hadiri Peresmian Puskesmas Rawat Inap di Tanggamus Lampung

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Kapolsek Semaka AKP Muji Harjono, SE mewakili Kapolres Tanggamua, AKBP Ahmad Mamora, S.Ik mendampingi Wakil Bupati Tanggamus Hi. Samsul Hadi. M.Pd.i didampingi Ketua Himpaudi Kabupaten Hj. Af’illah.S.Pd.i pada peresmian Gedung Puskesmas Rawat Inap dan Rawat Jalan Serta Puskesmas Pembantu di Pekon Sudimoro Kecamatan Semaka, Jum’at (24/3).

Dalam laporan Kepala Dinas Kesehatan Sukisno.M.Kes, melalui Undang-undang nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan menyebutkan bahwa Fasilitas Pelayanan Kesehatan adalah Suatu alat atau tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan upaya Pelayanan Kesehatan ,baik promotif, Preventif,Kuratif maupun rehabilitatif yang dilakukakan oleh pemerintah ,pemerintah Daerah ,atau masyarakat.,serta Peraturan Mentri Republik Indonesia Nomor 75 Tahun 2014 Tentang Puskesmas menyebutkan bahwa penyelenggaraan pusat kesehatan masyarakat perlu ditata ulang untuk meningkatkan aksebilitas ,keterjangkaun,dan kualitas pelayanan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat serta menyukseskan program jaminan sosial nasional.

Kabupaten Tanggamus dalam perjalanan pembangunan kesehatan sampai dengan tahun 2015 telah berdiri 23 Puskesmas yang terdiri dari 9 Puskesmas Rawat Inap dan 14 Puskesmas non Perawatan yang tersebar merata di Wilayah Kabupaten Tanggamus.Menginjak tahun 2016 Kab. Tanggamus melakukan Pembanguna Puskesmas Rawat Inap sebanyak 8 Puskesmas yang terdiri dari: Puskesmas Rawat Inap Kelumbayan Barat Kec. Kelumbayan Barat, Puskesmas Rawat Inap Way Nipah Kec, Pematang Sawa, Puskesmas Rawat Inap Sanggi Kec. BNS, Puskesmas Rawat Inap Sumanda Kec. Pugung,Puskesmas Rawat Inap rantau Tijang Kec. Pugung, Puskesmas Rawat Inpa Margoyoso Kec. Sumberejo, Puskesmas Rawat Inap Pulau Panggung Kec. Pulau Panggung, Puskesmas Rawat Inap Bulo Sukamara Kec. Bulok

Selain itu juga dilakukan Pembangunan Puskesmas Pembantu Pematang Kuyu Kec. Kelumbayan, Relokasi Puskesmas Pembantu Kaca Marga Kec. Cukuh Balak,Relokasi Puskesmas Pembantu Datar Lebuay Kec. Air Naningan, Rehabilitasi Total Puskesmas Pembantu Batu Patah Kec, Kelumbayan Barat,Rehabilitasi Total Puskesmas Pembantu Limau Kec. Limau, Rehabilitasi Total Puskesmas Pembantu Campang Kec. Gisting dan Rehabilitasi Total Puskesmas Pembantu Gunung Sari Kec. Ulu Belu.

Tahun 2016 telah dilaksanakn penilaian Akrediatsi Puskesmas oleh Tim Surveyor Akreditasi Pusat 3 Puskesmas dan dihasailakan Puskesmas Kotaagung dan Gisting pada Stara Akreditasi Puskesmas Madya dan Talang Padang pada Akreditasi Puskesmas Dasar.Selanjutnya untuk Tahun 2017 sedang dilakukan persiapandan Pendampingan Akreditasi Puskesmas terhadap 9 Puskesmas Guna dilakukan penilaian Akrediatsi Puskesmas yang ditargetkan pada bulan Agustus s/d Oktober 2017, Yitu Puskesmas Ngarip, Air Naningan, Pulau Panggung, Margoyoso, Rantau Tijang,Bulo Sukamara, Sumanda ,Wonosobo dan Sudimoro.

Sementara dalam Sambutan Wakil Bupati Hi. Samsul Hadi.M.Pd.I  menyampaikan dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan dibutuhkan sumber daya manusia kesehatan.Tersedianaya SDM kesehatan yang bermutu dan terdistribusi secara merata ,akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.Untuk kepala Puskesmas ,dokter, dan tenaga kesehatan lainnya untuk mengutamakan pelayanan dengan hati ,karena pelayanan yang baik akan membuat suasana hati pasien senag, secara langsung kondisi mental dan psikisnya akan membaik sehingga pengobatannya bisa berlangsung cepat.

Upaya Pemenuhan kebutuhan SDM tenaga kesehatan telah dilakukan melalui berbagai upaya ,mulai dari penempatan tenaga kesehatan berstatus PNS,PTT Pusat sampai dengan Pengangkatan Tenaga Kesehatan PTT Daerah. Informasi tentang pengangkatan tenaga kesehatan PTT Pusat menjadi CPNS baru-baru ini sangat menggembirakan ,karena dengan pengangkatan menjadi CPNS akan memperbanyak tenaga kesehatan diKabaupeten Tanggamus. Harapannya dengan peningkatan kapsitasnya akan menambah kekuatan dalam pelayanan dan pengembangan program kesehatan di Kabupaten Tanggamus.

Turut hadir dalam acara tersebut Kapolres Tanggamus AKBP Ahmad Mamora, S.Ik diwakili Kapolsek Semaka AKP Muji Harjono, SE. Plt. Sekretaris Daerah Andi Wijaya, Asisten I Paksi Marga, Ast III Firman Rani, Kadis Kesehatan Sukisno,Kadis Kominfo Sabaruddin, Para pejabat Pimpinan Tinggi Pratama ,Administrator dan Pengawas, Para Camat Se- Kab. Tanggamus, Uspika Kecamatan, Para Dokter ,Tenaga Medis ,Tenaga Kesehatan,serta Para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat  se-kecamatan semaka.

“Pengamanan kegiatan dilaksanakan baik terbuka dan tertutup serta pengaturan lalu lintas bekerjasama dengan dinas perhubungan” ujar Kapolsek Semaka AKP Muji Harjono. (*)

(Penulis : N.Muslih Lpg – Editor : Umi Fadilah)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password