Bhabinkamtibmas Kelurahan Tembilahan Hulu : Jangan Mudah Percaya Isu Penculikan Anak

Tribratanews.polri.go.id – Polres Inhil

Akhir – akhir ini marak berita di berbagai media sosial tentang isu penculikan anak. Bagai api yang membakar daun kering, dan entah siapa yang memulai, isu itu dengan cepat merambat dan menyebabkan keresahan di kalangan orang tua. Tak sedikit diantara mereka yang mengambil tindakan ekstrim, mencurigai setiap orang dengan ciri – ciri seperti tersebut dalam isu tersebut, dan kemudian mengambil tindakan sendiri, yang mengakibatkan jatuhnya korban, pada orang – orang tak berdosa, seperti yang kita saksikan ditayangan media televisi di berbagai daerah.

Indragiri Hilir tak luput dari penyebaran isu tersebut. Untuk mengcounter dan meredakan keresahan masyarakat, Kapolres Inhil Ajun Komisaris Besar Polisi Dolifar Manurung SIK, telah mengeluarkan statemen diberbagai media massa, baik konvensional maupun online di daerah ini. Hal itu juga ditindak lanjuti oleh jajaran Polres Inhil, dengan menyampaikan situasi dan fakta, bahwa sampai saat ini, di Polres Inhil dan jajaran, tidak pernah menerima laporan atau informasi, tentang penculikan anak.

Para Bhabinkamtibmas, sesuai dengan perannya, sebagai tempat bagi masyarakat untuk mengadukan berbagai persoalan, juga menyampaikan hal yang sama. Seperti yang dilaksanakan oleh Bripka Ahmad Yani, S.E, Bhabinkamtibmas Kelurahan Tembilahan Hulu. Hari Jumat, 24 Maret 2017, mulai dari pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB, telah menyambangi PAUD/RA Al Hikmah di Jalan Gerilya Parit 8, Tembilahan Hulu, TPQ Islam Terpadu Jalan Gerilya Gang Bunga Pandan, Tembilahan Hulu, PAUD Indra Pratama Jalan  Harapan Gang Sajadah, Tembilahan Hulu dan PAUD Riyadatul Jannah Jalan Pelita Jaya Gang Permata Indah, Tembilahan Hulu.

IMG-20170324-WA0091Pada tempat – tempat yang didatanginya, Brigadir Angkatan 2003 Gelombang I itu, memberikan himbauan terhadap guru – guru dan orang tua Siswa/i PAUD untuk tidak langsung mempercayai isu – isu adanya penculikan anak di wilayah Tembilahan dan Kabupaten Indragiri Hilir umumnya. Diharapkan setelah mendapat penjelasan ini, para guru dan orang tua siswa/i, bisa memilah – milah isu-isu tersebut dengan baik dan kalau mendapatkan berita semacam itu, bisa mengkomfirmasikan kepada pihak yang berkompenten.

Sejalan dengan hal tersebut, Brigadir yang juga memiliki dua orang putra dan putri ini, juga memberikan cara mengantisipasi dan menghindari hal – hal yang tak diinginkan, yang mungkin terjadi kepada anak – anak, antara lain untuk tidak mudah dibawa oleh orang yang belum dikenal pada saat pulang dari sekolah. Para guru juga dihimbau untuk mengawasi orang yang menjemput anak -anak, pulang dari sekolah. Kepada para orang tua, disarankan untuk selalu menjemput anak-anak mereka guna mengantisipasi adanya tindak pidana penculikan anak.

IMG-20170324-WA0090Diharapkan dengan adanya himbauan ini para guru dan orang tua, lebih selektif lagi dalam pengawasan terhadap  anak – anak mereka.

Penulis   : Heriman Putra

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Heriman Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password