Polsek Purwokerto Utara Banyumas, Amankan Festival Seni Tradisional Ebeg Banyumasan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Banyumas – Bertempat di Lapangan Sepakbola Kel. Pabuaran Kec. Purwokerto Utara Kab. Banyumas sejumlah personil Polsek Purwokerto Utara melaksanakan Festifal Ebeg Banyumasan, Kamis (23/3-2017).

Dalam kegiatan Festifal Ebeg Banyumasan yang diselenggarakan oleh Komunitas Teater Janur Purwokerto dalam rangka hari jadi Kabupaten Banyumas sekaligus nguri-nguri kesenian tradisional Ebeg Banyumasan sebagai penanggungjawab saudara Sugeng Santosa.

Kegiatan Festival Ebeg Banyumasan kali ini menampilkan dari Grup Ebeg Widayu Turonggo Manik dari Kel. Karangklesem yang dipimpin oleh saudara Suyono dan dihadiri warga masyarakat Kecamatan Purwokerto Utara dan sekitarnya kurang lebih 200 orang.

Dari sebagian penonton tersebut juga ikut partisipasi dalam kesenian Ebeg yaitu dengan cara ikut menari dengan diiringi alunan nada gendingan sehingga para pemain ebeg merasa seperti dirasuki roh mahluk astral namun ada pengendalinya yaitu seorang pawang ebeg yang bisa menetralisir situasi.

“Adapun maksud dari diselenggarakannya Festifal Ebeg Banyumasan untuk memberi wadah yang positif untuk mengebangkan kreatifitas berkesenian khususnya tarian dengan tunggangan kuda lumping. Sebagai ajang berkesinambungan dalam rangka nguri-nguri kebudayaan daerah, mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota group ebeg, memberi penghargaan kepada group ebeg atas dukungan penonton terbanyak dan hasil penilaian dewan juri dan memberi hiburan alternatif kepada masyarakat dan sekaligus memperdayakan sektor ekonomi disisi lainnya.”, papar Panitia.

Penulis : Polsek Purwokerto Utara

Fotografer : NN

Editor : Umi Fadilah

Publish : Frismi Zusyi

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password