Polsek Satu ini Nekat Bangun Musholla : Selain untuk Anggota, juga Diperuntukkan bagi Masyarakat Luas

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Dalam hidup manusia dibutuhkan keseimbangan antara kebutuhan jasmani dan rohani. Kebutuhan jasmani dapat diperoleh dengan jalan bekerja profesional sesuai profesi masing-masing, sedangkan kebutuhan rohani hanya bisa didapatkan dengan mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui doa dan ibadah.

Terkait dengan keseimbangan di atas, Polres Trenggalek menggelar dua program yang bersinggungan langsung dengan kebutuhan rohani diantaranya adalah Kamis Berdoa (berserah diri dalam do`a), yakni program pembinaan rohani dan mental personel dengan melaksanakan salat Dhuha dan yasinan, serta Jumat Berkah, sebuah program dimana seluruh anggota (yang beragama Islam) wajib melaksanakan salat Jumat di masjid-masjid sambil menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas.

Dalam melaksanakan program Kamis Berdoa, Polsek Munjungan Polres Trenggalek memiliki kendala yakni tidak memiliki tempat ibadah, sehingga jika melaksanakan salat Dhuha ataupun yasinan terpaksa menyisihkan meja kursi di ruang panel data yang tak begitu luas. Demikian pula dengan ibadah wajib, anggota Polsek Munjungan Polres Trenggalek lebih banyak memanfaatkan ruangan mereka masing-masing yang relatif sempit.

Melihat kondisi itu, Kapolsek Munjungan Polres Trenggalek, AKP Sudarto, SE berinisiatif membangun sebuah musholla kecil yang bisa digunakan anggotanya menjalankan ibadah ataupun kegiatan lain yang bersifat keagamaan.

“Kebutuhan cukup mendesak, keputusan diambil setelah berdiskusi dengan seluruh anggota dan disepakati membangun musholla”, ujar Kapolsek yang akrab disapa Totok ini.

Menurut rencana, musholla akan dibangun tepat di belakang kantor yang masih satu area dengan tanah milik Mapolsek. Sedangkan pengukuran dan penetapan arah kiblat telah dilaksanakan satu hari sebelumnya.

Dalam peletakan batu pertama pembangunan musholla yang dilaksanakan hari ini, proses pembangunan melibatkan Muspika dan tokoh masyarakat, Jumat (24/03). Karena nantinya musholla itu bersifat umum dan bisa digunakan siapa saja meskipun lokasinya berada dalam area Mapolsek Munjungan Polres Trenggalek.

“Kebetulan Mapolsek Munjungan berdekatan dengan pasar, jadi masyarakat juga bisa memanfaatkan musholla ini nantinya”, jelas AKP Totok.

Peletakan batu pertama dilakukan oleh para kyai, tokoh masyarakat dan Muspika Kecamatan Munjungan dan disaksikan oleh masyarakat setempat sebagai penanda dimulainya proses pembangunan.

“Semoga dengan berdirinya musholla nanti bisa menguatkan iman dan taqwa anggota Polsek Munjungan serta membawa manfaat bagi masyarakat luas”, harap AKP Totok.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password