Pasca Kerusuhan di Kerinci : Ini Draft Kesepakatan yang Harus Dipatuhi Semua Pihak

Tribratanews.polri.go.id – Polda Jambi, Kamis, 23 Maret 2017 sekira Pukul 14.00 Wib bertempat dirumah Dinas Bupati Kerinci telah dilaksanakan pertemuan dalam membahas kerusuhan yang terjadi di Desa Tamiai Kerinci

Pertemuan ini sendiri dihadir oleh para forkopimda Kab. Kerinci, pihak yang bertikai dan disaksikan oleh perwakilan dari Polda Jambi

Dalam pembahasannya ditawarkan Draff kesepakatan  kepada Depati Muara Langkap adalah sbb :

1). Kedua belah pihak sepakat bahwa berdasarkan hukum Negara Republik Indonesia dan hukum adat yang berlaku di Depati Muara Langkap Tamiai dan tidak bertentangan dengan adat Kerinci, masyarakat perladangan dilarang untuk merusak / mengharap hutan sepanjang DAS, hulu sungai di kemiringan yang dapat mengakibatkan longsor, banjir dan kekeringan.

2). Kedua belah pihak sepakat bagi masyarakat perladangan yang tinggal di wilayah adat Depati Muaro Langkap Tamiai harus mengikuti / mentaati ketentuan adat ” dimano bumi dianyah, disitu langit dijunjung, dimano negeri ditunggu, disitu Adat diisi, lembaga dituang, cupak dipenuh, gantang dipilih “.

3). Kedua belah pihak sepakat bagi masyarakat perladangan diwilayah Depati Muaro Langkap harus melaksanakan kewajiban dan tanggungjawabnya sebagai warga masyarakat yang baik dan patuh terhadap aturan pemerintah desa serta ikut membantu kemajuan pembangunan desa dilokasi perladangan masing – masing.

4). Kedua belah pihak sepakat  menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah Adat Muaro Langkap serta tidak terprovokasi oleh pihak – pihak tertentu yang dapat memperkeruh suasana serta memecah belah persatuan dan kesatuan.

5). Kedua belah pihak berkewajiban untuk mensosialisasikan kesepakatan ini kepada masyarakat masing – masing.

6). Kedua belah pihak sepakat untuk mentaati kesepakatan tersebut diatas dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

7). Apabila masing – masing pihak tidak mematuhi kesepakatan ini, maka kami bersedia diproses secara hukum sesuai dengan peraturan perundang – undangan yang berlaku.

Selanjutnya Draff kesepakatan dibacakan dan ditandatangani oleh Adli, madarman, isalmi, Son Efendi dari pihak yang berkonflik

Dalam Pelaksanaan pertemuan tersebut Dir Intelkam Polda Jambi Kombes Pol Chairul Yani, S, IK. Menjadi moderator

Disisi lain Berkaitan dengan menjaga situasi Kamtibmas diwilayah Depati Muara Langkap Ds. Tamiai dan Ds. Pasar Tamiai Kapolres Kerinci AKBP M. Ali Hadinur, S.I.K. akan mengeluarkan MAKLUMAT yg harus dipatuhi oleh semua pihak, dan untuk kejadian sebelumnya Kepolisian tetap akan memproses secara hukum pihak-pihak yang telah melakukan pelanggaran hukum

Penulis : Indra

Editor : Umi Fadila

Publish : Indra Gunawan

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password