Bersama Instansi Terkait, Polres Banjarnegara Tingkatkan Pelayanan Dalam Penanganan Korban Kekerasan Berbasis Gender dan Anak

Tribratanews.polri.go.id – Untuk meningkatkan pelayanan terhadap penanganan korban kekerasan berbasis gender dan anak, Satreskrim Polres Banjarnegara melalui unit PPAnya mengikuti rapat koordinasi yang dilaksanakan di RSUD Hj. Anna Lasmana Kabupaten Banjarnegara, Rabu (22/3/2017).

Hadir dalam acara tersebut perwakilan dari Direktur RSUD, Kepala harian DPPK BP3A, Kepala Seksi Perlindungan Perempuan dan Anak P2TP2A, Advokat Perlindungan Perempuan dan Anak, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Kesehatan, Diknas, Dindikpora, Koordinator Psikolog Kabupaten Banjarnegara, Kanit PPA Polres Banjarnegara, Ipda Edy W. Pramono, SH dan Relawan Perlindungan Perempuan dan Anak.

Dalam kesempatan tersebut, Susanto, Kepala Harian DPPK BP3A, menyampaikan pentingnya koordinasi antar instansi guna kelancaran pelayanan terhadap korban kekerasan berbasis gender dan anak, perlunya pemecahan pembahasan serta kendala-kendala relawan yang di lapangan.

Selanjutnya Sechudin, Kepala seksi perlindungan perempuan dan anak P2TP2A menyampaikan upaya-upaya preventif terhadap penanganan kejahatan perempuan dan anak dan upaya pendekatan kepada masyarakat yang menjadi korban supaya tidak takut melaporkan kepada pihak yang berwajib.

Dalam kesempatan yang sama, Kanit PPA, Ipda Edy W Pramono, SH. menyampaikan data kasus penanganan Perlindungan Perempuan dan anak selama tahun 2016 terdapat 24 kasus sedangkan data pada tahun 2017 hingga bulan Maret terdapat 14 kasus.

Kanit PPA juga mensosialisasikan tentang Undang-Undang No. 17 Tahun 2016 tentang penetapan peraturan pemerintah pengganti Undang-undang No. 1 Tahun 2016 tentang perubahan kedua atas Undang-undang No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak.

Lebih lanjut Kanit PPA menjelaskan tentang penanganan Anak Berhadapan dengan Hukum (ABH) yang di atur dalam Undang-undang No.11 Tahun 2012 tentang peradilan anak serta penyampaian isu tentang berita penculikan anak adalah hoax yang mana akhir -akhir ini berita tersebut meresahkan masyarakat.

Penulis : Linda/Asri
Editor : Umi Fadillah
Publish : Asri

Admin Polri56598 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password