Pertamina Kalselteng Sosialisasikan Survei Seismick di Amuntai

Tribratanews.polri.go.id, Polres HSU – Memberikan ilmu pengetahuan demi tujuan yang baik adalah kegiatan yang sangat mulia, terlebih pengetahuan tersebut dapat meningkatkan taraf hidup dari khalayak banyak.

Seperti halnya yang dilakukan oleh tim dari PT. Pertamina Kalselteng didampingi oleh pada hari Kamis(23/3/2017) pukul 13.45 wita bertempat di Aula Kecamatan Amuntai Selatan dengan mensosialisasikan Survey Seismik 2D dan 3D Piraiba.

Survey seismic merupakan salah satu kegiatan eksplorasi minyak dan gas yang menggunakan metode geofisika dengan pemanfaatan penjalaran gelombang di bawah permukaan menggunakan sumber getar dan penerima getar yang dibentang di atas permukaan tanah. Sumber getar menghasilkan gelombang pantul ke dalam tanah dan dipantulkan kembali ke permukaan oleh lapisan-lapisan batuan yang akan diterima penerima getar. Hasilnya berupa penampang lapisan batuan bawah permukaan yang berguna untuk mencari sumber potensial cadangan minyak dan gas.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Camat Amuntai Selatan Drs.KHAIRUSSALIM, Kapolsek Amsel IPDA HERRY SAPUTRA, Danramil Amsel PELDA BUDI.S, dan Undangan Kades, Sekdes dan Kepala BPD Desa Murung Panggang dan Desa Kayakah yang berjumlah 20 orang.

WhatsApp Image 2017-03-23 at 17.19.44

Bapak Camat mengharapkan kepada warga apabila pihak Pertamina melaksanakan pemasangan patok atau survey untuk dilaksanakan pengeboran dilokasi desanya supaya menjalin kerjasama yang baik selama proses kegiatan belangsung.

Humas Pertamina menyampaikan yang dilalui dalam jalur seismik, bahwa kegiatan survey ini tidak ada pembebasan lahan tetapi hanya diberikan kompensasi tanam tumbuh saja yang dilalui oleh jalur survey pengeboran seismik 2D dan 3D.

Selain itu, Masyarakat juga akan mendapatkan realisasi pembayaran kompensasi sesuai dengan SK Bupati yang berlaku, pembayaran diberikan langsung kepada pemilik lahan dan disaksikan oleh Muspika dan Kades setempat.

Humas Pertamina menegaskan bahwa “Secara tehnis tidak ada dampak negatif dari sumber gelombang seismik terhadap tanaman atau tumbuhan milik warga, jadi jangan khawatir tanaman atau tumbuhannya rusak” tegasnya.

Penulis : Alam Saktiswara

Editor   : Umi Fadillah

Publish : Lois Adi

 

Admin Polri54146 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password