Waka Polres Belu NTT Dampingi Wantimpres RI Sambangi Satgas Pamtas RI-RDTL Yon 641/Beruang

aTribratanews.polri.go.id–Polda NTT,Waka Polres Belu Kompol Oktovianus Wadu Ere, SH, pada kamis pagi (23/3/17), mendampingi Rombongan Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Republik Indonesia,mengunjungi Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yon Raider 641/Beruang di Sesekoe, Kel.Umanen, Kec.Atambua Barat, Kab.Belu.

Dalam kunjungannya perdana ini, rombongan Wantimpres yang dipimpin Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadisiswoyo, mendengar paparan dari Danstagas Pamtas RI-RDTL Yon 641/Beruang Letkol Inf.Wisnu Herlambang, tentang Pelaksanaan tugas Satgas Pamtas dalam menjaga wilayah perbatasan serta hambatan yang dihadapi.

Selama bertugas di Belu, dirinya (Dansatgas) bersama anggota, aktif melaksanakan kegiatan patroli perbatasan bersama Polri, dalam mencegah terjadinya pelanggaran lintas batas, penyelundupan, pasar gelap, serta melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan disepanjang wilayah perbatasan dan melaksanakan kegiatan binter.

Terkait pelaksanaan patroli, Dansatgas menambahkan bahwa sampai saat ini Satgas Pamtas belum bisa melakukan kegiatan patroli bersama dengan UPF dikarenakan belum ada MOU antara pemerintah Indonesia dan Timor Leste.

Hambatan lain yang dihadapi Satgas lanjut Dansatgas dalam pertemuan ini yakni hampir seluruh Pos yang ada di wilayah perbatasan, tidak memiliki sumber air Internal dan kebutuhan air khusus untuk di Mako Satgas sehingga kebutuhan air, masih menggunakan air tangki umum.

Satgas Pamtas juga didalam membantu masyarakat perbatasan, telah melakukan kegiatan Bhakti sosial yang berupa pemberian Sembako, Donor darah, sunatan masal dan pengobatan masal serta kegiatan dibidang Pertanian berupa budidaya ubi ungu.

Menanggapi masalah masih belum adanya perjanjian MOU untuk kegiatan patroli bersama antara Satgas Pamtas dengan UPF Tilos, Ketua Tim Wantimpres Jenderal TNI (Purn) Subagyo Hadisiswoyo mengatakan bahwa dalam melaksanakan kegiatan patroli rutin maupun pengamanan,tetap dilaksanakan dengan sebaiknya dan selalu memperhatikan faktor keamanan.

Untuk semua hambatan dan permasalahan yang dihadapi oleh Satgas Pamtas,lanjut Ketua Tim, akan jadikan juga sebagai bahan evaluasi dan pertimbangan yang akan disampaikan kepada Presiden RI Ir.Joko Widodo.

Turut hadir mendampingi Rombongan Watimpres antara lain :Kasdim 1605/Belu Mayor Inf. I Ketut Suwitrajaya dan Dantim Pom Satgas Lettu CPM Robby.

Bertolak dari Satgas Pamtas, rombongan Wantimpres di hari ke-2 kunkernya di Belu, mengunjungi Pos Lintas Batas Negara Motaain, Kec.Tasifeto Timur, Kab.Belu, yang merupakan Pos terpadu yang melayani pelintas dari dan menuju Timor Leste.

Pergeseran rombongan Wantimpres di lokasi yang dikunjunginya maupun tempat penginapan, di kawal ketat anggota Sat Lantas Polres Belu serta Sat Intelkam Polres Belu yang melaksanakan pengamanan tertutup.

Penulis : Polres Belu

Editor : Umi Fadilah

Publish : Bripka Sukirman (Eja Manto)

Admin Polri54135 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password