Fpu Indonesia IX Harumkan Nama Indonesia di Afrika

Tribratanews.polri.go.id –  Darfur Utara, Dua Bulan sudah kedatangan kontingen Garuda Bhayangkara FPU Indonesia 9, melaksanakan tugas sebagai peace keeper di tanah afrika tepatnya Elfasher, Darfur Utara.

Sejak penugasan resmi dilaksanakan mulai tanggal 28 januari 2017 hingga saat ini telah banyak menuai pujian dunia internasional.

Konflik Darfur sendiri melibatkan lebih 200,000 nyawa terbunuh manakala 2.5 juta lagi menjadi pelarian. Konflik ini merupakan pertikaian antara suku Afrika dengan kumpulan penduduk keturunan Arab yang memuncak pada 2003.

Berdasarkan Bab VII Piagam PBB, Dewan Keamanan, dengan yang resolusi 1769, pada tanggal 31 Juli 2007 diputuskan bahwa UNAMID berwenang untuk mengambil tindakan yang diperlukan, dalam bidang penempatan pasukan dan yang dianggap dalam kemampuan untuk:

1. melindungi personil, fasilitas, instalasi dan peralatan, dan untuk menjamin keamanan dan kebebasan bergerak personil sendiri dan pekerja kemanusiaan;

2. dukungan awal dan pelaksanaan yang efektif dari Perjanjian Perdamaian Darfur, mencegah gangguan pelaksanaannya dan serangan bersenjata, dan melindungi warga sipil, tanpa mengurangi tanggung jawab Pemerintah Sudan.

IMG-20170323-WA0144

Merujuk pada mandat PBB tersebut, kontingen FPU Indonesia sendiri memliki tanggung jawab area yang disebut Zone Warden Area (ZWA) dengan 14 titik pengamanan yang kemudian dibagi lagi menjadi 36 subzone terpusat di Joint Security Operation Center

Formed Police Units (FPU) terdiri 140 personil unit polisi dengan reaksi mobilitas yang benar-benar cepat yang seluruhnya terbentuk dari satu kontingen, menyokong unit sendiri dengan utuh dan memperlengkapi peralatan, tunduk pada hukum sipil dan tata tertib lainnya, mendukung perkembangan kemampuan polisi lokal, dan kemampuan polisi sebagai individu.

Berperan aktif dalam misi UNAMID, Kasatgas Garbha II FPU Indonesia 9, AKBP Ahmad Arif Sopyan, Sik  beberapa kali sempat memimpin latihan gabungan antara FPU Indonesia , Mesir dan Jordania diantaranya pelatihan Public Order Management dan pengendalian massa.

IMG-20170323-WA0143

Kontingen FPU Indonesia tak lupa bersosialisai dengan pemerintah dan masyarakat lokal, melaksanakan ibadah bersama hingga memberikan bantuan baik moril maupun materil.

Hubungan baik juga tak lupa dijaga terhadap pejabat dan staf Unamid, IPO (Individual Police Officer), Civilian, Army dan FPU Kontingen negara lain.

Seperti halnya kata pepatah “dimana bumi dipijak, disitu langit dijunjung”. Tetaplah mengharumkan nama bangsa Indonesia, menjaga perdamaian dunia FPU Indonesia 9.

Editor : Umi Fadilah

Publish : Alam /Veri

Sumber : Facebook Divhumaspolri

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password