Kapolres Bungo : Ini Merupakan Upaya Sistematis dan Terpadu, Terhadap Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan.

Kapolres Bungo AKBP Asep Amar Permana, S.IK, MM.

Tribratanews.polri.go.id – Polres Bungo, Kepala Kepolisian Resort Bungo AKBP Asep Amar Permana, S.IK, MM tegaskan kepada warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan. Dalam upaya tersebut, para Bhabinkamtibmas diperintahkan sampaikan serta sosialisasikan undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup di wilayah Dusun binaanya.

“Saya tegaskan jangan coba-coba untuk menyalahi aturan, pembakaran hutan dan lahan diatur larangannya dalam undang-undang, nanti jika ditemukan, saya pastikan proses hukum  pidana bukan hukum adat”, ungkap AKBP Asep Amar Permana, S.IK, MM, saat dikonfirmasi tribratanews.polri.go.id, Kamis (23/03/2017).

Kepala Kepolisian Sektor Bathin II Babeko AKP Subhan, SH, MH menyatakan pihaknya sudah menindaklanjuti pelaksanaan dilapangan terkait petunjuk teknis Kapolres Bungo. Bhabinkamtibmas sudah melaporkan data dan dokumentasi pelaksanaan di lapangan, dalam menyampaikan himbauan serta sosialisasi terhadap upaya pencegahan dan antisipasi kebakaran hutan dan lahan.

Kapolres Bungo AKBP Asep Amar Permana, S.IK, MM.
Kapolres Bungo AKBP Asep Amar Permana, S.IK, MM.

“Sudah kita tindaklanjuti dilapangan, menjelang musim kemarau berlangsung, para petani kita konsepkan sistem dan cara bertani yang ramah lingkungan bersama petugas pertanian”, ujar AKP Subhan, SH, MH, saat dihubungi tribratanews.polri.go.id.

AKBP Asep Amar Permana, S.IK, MM mengatakan kita lakukan ini untuk menjamin kelangsungan kehidupan makhluk hidup dan kelestarian ekosistem serta menjaga kelestarian fungsi lingkungan hidup, semua sudah di atur dalam undang-undang, ini untuk kepentingan umum masyarakat secara keseluruhan, bukan pribadi ataupun individual.

“Kita evaluasi, kerusakan hutan dan lahan diakibatkan adanya kesalahan dalam konsep bertani, tujuan kita bagaimanan ekosistem kehidupan makhluk hidup kelestariannya bisa berfungsi”, tutur AKBP Asep Amar Permana, S.IK, MM.

Ia menambahkan “ini merupakan upaya sistematis dan terpadu yang kita lakukan untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup yang meliputi pengendalian, pengawasan, dan penegakan hukum dilapangan”.

Penulis : Ikhrom P.

Editor : Umi Fadillah.

Publish : Ikhrom P.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password