Sekelumit Cerita tentang Makna “Peduli”

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Peduli dan militan tanpaknya sudah menjadi trademark bagi Polres Trenggalek dan jajarannya. Bagaimana tidak, kepekaan dan kepedulian anggota Kepolisian yang berada di pesisir selatan pulau Jawa ini semakin hari semakin terasah. Hampir setiap hari ada saja anggota yang menunjukkan kepeduliannya kepada masyarakat. Dari hal yang sepele menyeberangkan anak sekolah, membawakan belanjaan warga hingga bedah rumah warga tak mampu.

Kapolres Trenggalek AKBP Donny Adityawarman, SIK, M.Si dalam berbagai kesempatan selalu menekankan arti penting kata peduli.

“Tahu diri dan tahu lingkungan maka akan tumbuh kepedulian. Dan dari kepedulian itu akan muncul simpati dan empati”, ucap Kapolres enerjik ini.

Kepekaan tersebut dibuktikan oleh Bripka Joni Dwi Cahyanto, SH, anggota Polsek Karangan Polres Trenggalek saat bertugas pos penggal pagi. Ditengah kesibukannya mengatur lalu lintas dan membantu menyeberangkan jalan bagi anak-anak sekolah, Bripka Joni melihat seorang ibu mengendarai sepeda kayuh tiba-tiba berhenti karena tas belanjaan  yang berada di belakang jatuh. Isinya pun berantakan di pinggir jalan. Melihat dari barang bawaannya terlihat ibu itu baru saja pulang dari pasar yang memang tak jauh dari tempat Bripka Joni bertugas.

Tak banyak bicara, Bripka Joni pun segera menghampiri ibu tersebut dan membantu memasukkan barang yang tercecer kedalam tas. Setelah memastikan tidak ada barang yang tertinggal dan sudah terikat kuat, ibu itu pun kembali mengayuh sepedanya.

“Hati-hati ya bu”, ujar Bripka Joni yang dibalas dengan ucapan terima kasih dari si ibu tadi.

Sekelumit cerita tersebut memiliki makna yang mendalam, dimana tugas Polri sebagai pengayom masyarakat benar-benar diimplementasikan dalam bentuk yang sederhana yakni “peduli”.

Penulis : Ady

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password