Ditbinmas Polda DIY Selenggarakan Rakor Satpam se-DIY

Tribratanews.polri.go.id -JOGJA- Direktorat Pembinaan Masyarakat Polda DIY dalam rangka menyelenggarakan Rakor Satpam. Sebagai bentuk pembinaan untuk mewujudkan kompetensi profesionalitas satpam yang modern dan terpercaya guna terciptanya keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja, Rabu (22 maret 2017). Acara yang digelar di Aula Gedung Pam Obvit Polda DIY ini dihadiri oleh pembina fungsi Satpam di tingkat kewilayahan, Kasat Binmas Polres dan jajarannya.

Peran Satpam dalam menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya akan dapat berjalan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki oleh petugas satpam itu sendiri, oleh karena itu setiap petugas satpam dituntut untuk mampu melaksanakan tugasnya menangani berbagai permasalahan kamtibmas.

Selain Satpam yang berafiliasi kepada lembaga, baik swasta dan maupun perkantoran pemerintah, fungsi pengamanan juga menjadi tanggung jawab FKPM (Forum Komunikasi Polisi dan Masyarakat) dan Linmas (Perlindungan Masyarakat) serta satuan – satuan lainnya.

“Keamanan lingkungan, tidak lepas dari kerjasama antara kepolisian dan masyarakat.” jelas Dirbinmas Kombes Pol Rudi Heru Susanto, SH., MH.

Profesionalitas Satpam adalah tuntutan masyarakat, dan Polri sebagai pendidik satpam mengupayakan pendidikan dan pembinaan yang maksimal sehingga diperoleh tenaga Satpam yang profesional.

“Mari kita saling bahu membahu mewujudkan keamanan di wilayah Yogyakarta, “ ajak Dirbinmas yang didampingi oleh Kasubdit Satpam/Polsus AKBP Ahmad Hanafi, S.Ag.

Sebagaimana diatur dalam Peraturan Kapolri (Perkap) No. 24 tahun 2007, pendidikan dan pembinaan satpam adalah kewenangan Polri termasuk di dalamnya peningkatan kualitas dari kemampuan teknis, taktis kepolisian, aspek dedikasi dan disiplin.

Dalam Rakor ini hadir pula Kepala Bidang Pengawasan Ketenagakerjaan dan Hubungan Industrial Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Yogyakarta Rihari Wulandari, SH., MH., Direktur PT. Prima Karya, Dendika Rizqi.

Di akhir acara Dirbinmas Polda DIY Kombes Pol Rudi Heru Susanto, SH., MH. menyampaikan harapannya, kepada stakeholder keamanan lingkungan, terutama perusahaan yang memperkerjakan Satpam.

“Hargailah Satpam sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya, imbangi dengan upah yang sesuai dengan resiko yang ditanggung mereka.” tutup Kombes Pol Rudi Heru Susanto, SH., MH.

Penulis : Agung
editor : Umi Fadilah
publish : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password