Waspada Penipuan di ATM, Wanita Asal Pringsewu Lampung Telah Menjadi Korban

Tribratanews.polri.go.id – Polres Tanggamus. Hubungan Masyarakat (Humas) Polres Tanggamus menghimbau agar masyarakat selalu berhati-hati dalam bertransaksi ATM apalagi sampai memberitahukan pin kepada orang lain. Kemarin (21/3/17), Kepolisian Sektor Talang Padang,  menerima laporan penipuan di anjungan tunai mandiri (ATM) yang berlokasi di Indomaret Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus hingga mengalami kerugian puluhan juta rupiah.

Polisi melakukan himbauan, agar satpam lebih responsif membantu nasabah ATM
Polisi melakukan himbauan, agar satpam lebih responsif membantu nasabah ATM.

Korbannya adalah MI (35) ibu rumah tangga asal pekon Banyumas kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu, saat mengambil uang di ATM. Kronologis kejadian, menurut Kasubbag Humas Polres Tanggamus Iptu Yulmartin, ketika MI mengantri ATM di gerai ATM Indomaret Gisting di depannya terdapat dua orang dan di belakang  terdapat satu orang laki-laki yang tidak diketahui identitasnya.

Lanjut Kasubbag Humas, saat giliran korban mengambil uang ternyata kartu atm tertelan, bersamaan laki-laki yang mengantri di belakangnya menghampiri ikut menekan tombol mesin atm berkali-kali dengan dalih membantu.  Karena panik, korban menekan kode pin, angka 002 dan cancel, menuruti perintah orang tersebut.

Polisi melakuka pengawalan pengisian atm
Polisi melakukan pengawalan pengisian atm

Tetapi tetap saja kartu Atm tidak dapat dikeluarkan, lantas korban memanggil pegawai indomaret namun pegawai tersebut tidak dapat berbuat apa-apa, akhirnya korbanpun bergegas  ke unit bri gisting mengikuti saran orang yang tidak dikenalnya untuk mengurus ATM yang tertelan mesin.

Setibanya di kantor BRI, korban mengambil uang 500 ribu rupiah dan mengecek saldo akhir, mengetahui adanya tiga kali transaksi  melalui atm pada waktu bersamaan. Akibat transaksi yang diduga dilakukan orang lain. Korban mengalami kerugian sebesar 40 juta rupiah dan melaporkan kejadian ke Polsek Talang Padang.

Penjagaan atm oleh polisi
Penjagaan atm oleh polisi

Atas laporan tersebut Polsek Talang Padang melakukan upaya pengecekan TKP dan penyelidikan baik melalui rekaman Cctv dan pemeriksaan saksi-saksi.

Polisi tidak bosan menghimbau masyarakat untuk tidak mudah percaya kepada orang yang tidak dikenal apalagi saat melakukan transaksi perbankan.

“Jaga kerahasian PIN ATM, upaya penjagaan atm dan himbauan kepada masyarakat selalu kami lakukan, masyarakat harus selalu waspada” himbau Kasubbag Humas. (*)

(Penulis : N.Muslih Lpg – Editor : Umi Fadilah)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password