Bripka Heri Kusnanto dan Kelihaiannya saat Memanen Padi bersama Warga

Tribratanews.polri.go.id – Polres Trenggalek, Bhabinkamtibmas Desa Pandean Kecamatan Dongko, Bripka Heri Kusnanto bersama unsur 3 pilar lainnya menghadiri kegiatan panen raya. Puluhan petani nampak sudah bersiap diri lengkap dengan peralatan untuk memanen padi.  Maklum saja, Desa Pandean memang merupakan salah satu sentra penghasil padi di Kecamatan Dongko. Selain area persawahan yang cukup luas, keaktifan petani dan pemerintah desa dalam mengelola produktivitas petani sudah terjalin dengan baik.

Bripka Heri yang juga anggota Polsek Dongko Polres Trenggalek ini menuturkan, mayoritas warga Desa Pandean berprofesi sebagai petani, sedangkan sisanya adalah pekebun dan peternak. Tanaman padi yang dipanen hari ini merupakan padi varietas hibrida yang memiliki keunggulan dibandingkan padi lokal.

Saat masyarakat panen raya dimulai, Bripka Heri besama 3 pilar pun tak mau ketinggalan. Menggunakan sabit yang telah disiapkan, mereka bergumul dengan pekatnya lumpur sawah, berbaur dengan petani lainnya.

Tak terbersit sekalipun tangan dan bajunya yang kotor. Bagi Bripka Heri, berkumpul bersama petani dan turun tangan membantu memiliki nilai kepuasan tersendiri.

“Ya ndak apa-apa kotor, wong memang nyemplung (turun, red) sawah”, ujar Bintara yang pernah berdinas di Satintelkam Polres Trenggalek itu dengan logat Jawa medoknya.

Tak mau setengah-setengah, Bripka Heri juga membantu proses “geblok pari” atau memisahkan butir padi dari batangnya dengan cara memukulkan pada alat yang terbuat dari kayu.

Bripka Heri menuturkan, meskipun peralatan yang dipakai para petani terbilang sederhana, namun hasilnya lebih berkualitas jika dibandingkan dengan menggunakan mesin.

“Kalau pakai geblok, bulir padi yang muda tidak akan rontok”, ujarnya.

Kedekatan 3 pilar Desa Pandean dengan para petani ini membuktikan bahwa keberadaan mereka sebagai representasi kehadiran Negara benar-benar dirasakan masyarakat secara luas.

Penulis : Ady

Fotografer : Heri

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password