Kiprah Bhabinkamtibmas di Solo : Selesaikan Masalah Secara Kekeluargaan Lebih Baik, Bhabinkamtibmas Jebres Surakarta Sebagai Mediator

IMG-20170322-WA0010

IMG-20170322-WA0010

Tribratanews.polri.go.id. Polresta Surakarta. Peran Babinkamtibmas sbg ujung tombak pelaksanaan tugas kepolisian ditingkat kelurahan / desa harus peka terhadap setiap permasalahan yg terjadi di wilayahnya seperti halnya dg Brigadir Joko Supriyanto yg mendapat amanah menjadi babinkamtibmas kel Pucang Sawit kec Jebres dimana
pd hari Senin tgl 20 maret 2017 jam 20.00 wib di rumah ketua rt 01 rw 13 Pucangsawit seorang Bhabinkamtibmas bersama Babinsa didampingi oleh lembaga PPT, ketua Rw 13 pucangsawit menyelesaikan permasalahan yg ada di masyarakat dimana permasalahan tsb apabila tidak sgr diatasi akan berkembang dan mengakibatkan gangguan serta keresahan dimasyarakat terutama warga rw 13 Pucangsawit dimana pada saat itu Bhabinkamtibmas Brigadir Joko Supriyanto mendapatkan laporan dr warga bahwa telah terjadi perkara perbuatan tidak menyenangkan dan pelecehan seksual yang dialami warganya adapun pelakunya juga merupakan salah satu dr warga Pucangsawit. Adapun waktu kejadian pd hari Minggu tgl 19 Maret 2017 jam 21.30 wib di rumah pelaku /terlapor. adapun identitas pelapor / korban TS, 31 th, Islam, swasta, Kedung belang rt 01 rw 13 pcsawit dan terlapor:
SRY, 39 th, Islam, swasta, kedungtungkul rt 01 rw 13 Pucangsawit.
Kejadian ini bermula pada hari Minggu tgl 19 Maret 2017 jam 21.30 wib terlapor datang kerumah pelapor yang memiliki warung untuk pesan minuman jeruk hangat lalu terlapor kembali pulang kerumahnya dan meminta agar pesanan diantarkan kerumahnya. Saat pelapor mengantar dan memberikan pesanan minuman tersebut kerumah terlapor mengetahui saat itu terlapor dalam keadaan telanjang dan mgeluarkan alat vitalnya dan dengan sengaja menunjukan kepada pelapor . Atas kejadian tersebut pelapor tidak terima dan merasa keberatan selanjutnya melaporkan kejadian tersebut ke pihak RT dilanjutkan ke RW hingga sampailah ke Brigadir Joko Supriyanto selaku Bhabinkamtibmas Kel. Pucangsawit Jebres Solo.
Tanggap akan kejadian tersebut Brig Joko mengambil langkah persuasif bersama Babinsa dan perangkat Rw 13 serta tokoh masyarakat yg lain dg mempertemukan kedua belah pihak di rmh ketua Rw 13, denga maksud perkara tersebut bisa diselesaikan secara kekeluargaan dan mediasi.
Pada saat pertemuan tsb di hasilkan kesepakatan dimana pihak terlapor telah mengakui dan menyadari kesalahanya dan telah meminta maaf kpd pelapor serta berjanji tidak akan mengulangi perbuatanya tsb, sebaliknya pihak pelapor menerima permohonan maaf dr terlapor dan telah memaafkan perbuatan dr terlapor tersebut. Selanjutnya hasil kesepakatan tersebut dituangkan dalam bentuk surat kesepakatan bersama / SKB yg di tandatangani kedua pihak dan disaksikan tokoh yg hadir.
Selama pertemuan mediasi tsb situasi berjalan aman dan lancar.
Penulis : Lilik
Editor   : Umi Fadhila
Publish : Sumarjo

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password