Bersama Tokoh Adat Dan Kepala Suku, Bhabinkamtibmas Tohe NTT Mediasi Kasus Asusila Di Desa Maumutin

yusra Tribratanews.polri.go.id – Polda NTT, Warga Turiskain, desa Maumutin, kec.Raihat, Kab.Belu, Baru-baru ini tepatnya sabtu (18/3/17), dikejutkan dengan tindakan nekat Leonardus Seran (30 tahun), warga dusun Saunluli, desa Maumutin, yang masuk kedalam kamar seorang pelajar berumur 16 tahun bernama Apriana Ina Oes.

Selain masuk ke kamar, Leonardus sempat memegang tangan Apriana yang kemudian di respon oleh Apriana dengan berlari keluar rumah dan berteriak ke arah warga. Atas tindakan asusila yang dilakukan Leonardus sekitar pukul 14.00 wita,  keluarga Apriana menuntut Leonardus untuk diproses secara hukum.

Mendengar adanya permasalahan tersebut, Bhabinkamtibmas Desa Tohe Brigpol Yusran pada senin sore (20/3/17), turun ke kediaman Apriana di Turiskain, guna mendengar secara langsung permasalahan serta langkah apa yang ingin ditempuh untuk menyelesaian masalah tersebut.

Saat tiba di kediaman korban, Bhabin Tohe disambut oleh tokoh adat, kepala suku, keluarga dari kedua belah pihak dan juga sejumlah masyarakat Turiskain.

Setelah dilakukan mediasi, kedua belah pihak sepakat menyelesaikan kasus tersebut secara damai mengingat keduanya (Apriana & Leonardus) masih ada hubungan keluarga.

Adapun kesepakatan yang dibuat kedua belah pihak yang disaksikan para kepala suku kedua pihak dan tokoh adat serta Bhabinkamtibmas antara lain:
– Pelaku meminta maaf atas kekhilafan yang dilakukan dan menyesali perbuatannya serta berjanji tidak akan mengulangi lagi.-
– Korban menerima permintaan maaf pelaku dan tidak meneruskan masalah ini keranah hukum.
– Pelaku bersedia membayar denda adat senilai Rp 1.000.000,- (satu juta rupiah) sebagai pertanggung jawaban atas perbuatannya dan pemulihan nama baik keluarga korban.

Surat kesepakatan bersama ini ditanda tangani oleh kedua belah pihak dan juga tiga orang saksi, baik dari pihak Leonardus maupun dari pihak korban Apriana. Mediasi yang berlangsung dari sore hingga pukul 19.00 wita, berakhir dalam keadaan aman dan lancar.

Penulis : Polres Belu

Editor : Umi Fadilah

Publish : Eja Manto

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password