Kapolda Sumut Tandatangani MoU dengan Inalum Terkait Pengamanan

tribratanews.polri.go.id – Polda Sumut, Kapolda Sumut Irjen Pol. Dr H Rycko Amelza Dahniel M.Si didampingi pejabat utama Polda Sumut antara lain Karo Ops, Karo Rena, Karo Log, Karo SDM, Dir Pam Obvit, Dir Binmas, Dir Polair, Kabid Propam, Kabidkum, Kabid Humas, Kasat Brimob, dan Koorspripim serta Kapolres Batubara berkunjung ke wilayah Kabupaten Batubara pada Senin (20/3/2017). Kegiatan Kapolda Sumut diwilayah tersebut dalam rangka melakukan penandatanganan Memory of Understanding  atau kesepakatan kerja terkait pengamanan objek vital Inalum yang bertempat di Guest House PT Inalum.

Turut diundang pula dalam kesepakatan kerjasama tersebut Bupati Batubara H OK Arya Zulkarnain SH MM, Wakil Bupati H.RM Hary Nugroho dan staf, Kajari Kab. Batubara, Komisaris Pelindo, Kepala Otoritas Pelabuhan. Sementara dari pihak PT Inalum dihadiri  Dirut PT Inalum Winardi, Direktur SDM PT Inalum dan staf.

Acara kemudian dibuka dengan pembacaan pokok  pokok nota kesepahaman oleh Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Polda Sumut Kombes Pol. Heri Subiansauri, yang terdiri dari 13 bab dan 17 pasal.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Polda Sumut dan PT Inalum Persero oleh Kapolda Sumut dan Dirut PT inalum, disaksikan Dirpam Obvit, Dir SDM PT Inalum dan Bupati Batubhara.

Dirut PT Inalum Winardi dalam sambutannya menjelaskan bahwa PT Inalum adalah BUMN termuda pada Urutan ke 141. Sejak tahun 1982 s/d tahun 2013 terikat kontrak dengan Jepang.

“Kontrak kemudian berakhir pada tahun  2013, sehingga  saham Jepang sebesar 58 % diambil oleh Pemerintah RI, dan saat ini 100 % menjadi milik pemerintah. “ jelas Winardi.

Winardi juga menjelaskan PT Inalum mempunyai jumlah karyawan 2000 orang dengan rincian 250 orang di Kabupaten Tobasa dan 1750 orang di Kabupaten Asahan. Kedepannya Inalum sesuai arahan pemegang saham dapat menjadi holding pertambangan.

“Inalum setelah dikelola anak bangsa bisa dikelola dengan baik, kompetensi anak bangsa sudah siap mengelola perusahaan ini. Inalum juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Batubara atas dukungannya. Kontribusi Inalum kepada masyarakat sekitar juga meningkat.” ujarnya.

Untuk itu Dirut Inalum berharap kepada Kapolda Sumut agar Inalum bisa berjalan dengan baik dengan memohon dukungan dan support keamanan dari Polda Sumut.

Dirut juga menyikapi masalah lingkungan terkait permasalahan Narkoba yang  menjadi musuh  bersama, Dirut mengaku selama ini sudah ada kesepakatan bersama dengan Kapolres Batubara untuk memerangi Narkoba.

“Terima kasih atas penandatanganan MOU ini mudah mudahan  kedepan sesuai harapan kita bersama. “ harap Dirut Inalum.

Sementara itu Kapolda Sumut kembali mengucapkan terima kasih kepada Dirut PT inalum atas terselanggararanya MoU kesapakatan pengamanan ini, yang  merupakan tonggak sejarah yang penting terhadap pengamanan objek vital.

WhatsApp Image 2017-03-20 at 19.05.04

“Hari ini kita mewujudkan sistem pengamanan terhadap pembangunan pemerintah yang sedang berjalan. Dua institusi ini harus bersatu padu. Sesuai Inpres dan beberapa peraturan Perundang undangan agar Polri mengamankan Objek Vital nasional. Oleh sebab itu MOU yang sudah disusun ini akan disusun lebih rinci dan lebih akuntabel. MoU ini digunakan sebagai landasan hukum. “ ujar Kapolda Sumut.

Kapolda juga menjelaskan terdapat 4 area dalam MoU ini yaitu bantuan pengamanan yang melibatkan personil, dokumen dan instalasi. Selanjutnya koordinasi pembinaan teknis dan pengawasan pamswakarsa.

Yang ketiga adalah bentuk pertanggungjawaban anggaran yang dikeluarkan oleh masing masing pihak. Dan yang terakhir sekali adalah plan protection assesment.

“Tugas selanjutnya setelah adanya MoU ini ditandatngani adalah menjabarkan ke 4 area  tersebut yang dijadikan pedoman kerja.” ujarnya.

Kapolda Sumut juga mengucapkan terima kasih kepada bupati Batubara atas kerjasama yang dilaksanakan.  Selanjutnya diharapkan kepada PT  Inalum dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas masyarakat. Harapan terahir Kapolda Sumut, kesepakatan kerjasama ini bukan hanya sekedar formalitas, tapi harus ditindaklanjuti dan pengamanan yang dilakukan harus semakin baik dari sebelumnya.

“Dengan adanya MoU ini, diharapkan kualitas pengamanan semakin lebih baik.” kata Kapolda Sumut.

Acara kesepakatan kerjasama pengamanan tersebut kemudian diakhiri dengan tukar menukar cinderamata dan foto bersama.

Penulis : Kabid Humas/ Rico

Editor   : Umi Fadillah

Publish : Rico

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password