Kapolsek Pogalan Polres Trenggalek : Ajining Rogo Soko Busono

Polres Trenggalek – Setiap anggota Polri haruslah menjadi teladan bagi masyarakat lainnya, dari cara berpakaian, disiplin hingga perbuatan dan tindakannya. Demi menjaga marwah Polri sebagai insan Bhayangkara, Polsek Pogalan Polres Trenggalek rutin melaksanakan pemeriksaan kelengkapan dan sikap tampang personelnya.

“Pemeriksaan disiplin dilaksanakan setiap hari Senin setelah apel pagi”, jelas Kapolsek Pogalan Polres Trenggalek, AKP Wardjito, SH.

Pemeriksaan meliputi, kelengkapan personal seperti KTP, KTA, SIM dan STNK serta sikap tampang dari sepatu yang harus disemir mengkilat, kopel hingga kerapian rambut.

AKP Wardjito menuturkan, sikap tampang merupakan wujud kepedulian terhadap diri sendiri. Uniform yang dipakai harus sesuai peraturan yang telah ditetapkan.

“Semua harus perfect. Masyarakat melihat wibawa seorang polisi itu dari seragamnya. Kalau seragamnya bagus, bersih dan rapi kan kelihatan gagah dan berwibawa”, ujar AKP Wardjito.

AKP Wardjito menambahkan, seperti pepatah Jawa, ajining rogo soko busono yang artinya berharganya penampilan seseorang itu dinilai dari busana yang ia pakai.

Dari hasil pemeriksaan hari ini ditemukan 2 orang anggota yang sikap tampangnya kurang rapi, karena timangan pada sabuk Sabhara yang dikenakan tampak kusam dan tidak mengkilat.

“Harusnya dibraso atau pakai apalah biar bisa mengkilat. Jadi terlihat lebih bagus”, ujar Kapolsek yang pernah menjabat sebagai Kasubbagpers Bagsumda Polres Trenggalek ini.

Agar tidak mengulangi keteledorannya, 2 anggota inipun terpaksa diberikan teguran dan push up di hadapan rekan kerja lainnya.

“Bukan menghukum, tapi agar mereka menyadari kesalahannya dan tidak mengulanginya lagi”, tegas AKP Wardjito.

Penulis : Ady

Fotografer : Humas Polsek Pogalan

Editor : Umi Fadilah

Publish : Handoko

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password