Bupati Indragiri Hilir, Apresiasi Peran Polri Dalam Penanganan Karhutla

Tribratanews.polri.go.id – Polres Inhil

Bupati Indragiri Hilir, Drs. H.M. Wardan, M.P, memberi apresiasi yang tinggi pada TNI, POLRI, Manggala Agni, Polhut, Sat Pol PP, Damkar, MPA dan segenap masyarakat serta stakeholder terkait, yang telah berkerja sama dengan baik dalam menanggulangi kebakaran hutan da lahan di Kabupayen Indragiri Hilir. Hal itu dikatakan Bupati Inhil, dalam amanat tertulis yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir, H. Said Sarifuddin, S.E, M.P, pada Upacara Pembukaan Gladi Lapangan Penanggulangan Bencana Kabupaten Indragiri Hilir, Tahun 2017, Senin, 20 Maret 2017, di Lapangan Gajah Mada, Tembilahan.

Gladi dan simulasi yang mengusung tema ” Dengan Gladi Lapangan Karhutla, Kita Wujudkan Riau Tanpa Kabut Asap Tahun 2017″ ini, dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Inhil, H. Dani M. Nursalam, Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung, SIK, Dandim 0314/Inhil, Letkol Inf. J. Hadianto dan Kepala BPBD Kab. Inhil, Yusfik.

20170320091219_IMG_3910Lebih jauh Bupati mengatakan, bahwa Kabupaten Indragiri Hilir termasuk daerah yang rawan bencana dan gladi ini, termasuk salah satu cara, untuk pencegahan dini. Dengan seringnya melakukan simulasi akan terbentuk kesiapsiagaan jika bencana yang digladikan, sungguh – sungguh terjadi. Diharapkan seluruh elemen penanggulangan karhutla yang ada di Kabupaten ini, dapat berpartisipasi dan memberikan informasi, terkait kondisi personel, peralatan dan paham kondisi daerah rawan yang ada di Kabupaten Indragiri Hilir.

Berdasarkan hasil rekapitulasi karhutla, jumlah area yang terbakar di tahun 2015, adalah seluas lebih kurang 845,9 Ha dengan hot spot sebanyak 371 titik. Pada tahun 2016, terjadi penurunan yang signifikan, jumlah area yang terbakar, sebanyak lebih kurang 80 Ha, dengan titik hot spot, sebanyak 26 titik. Penurunan itu terjadi, karena instansi terkait rutin melakukan patroli, sosialisasi, membuat himbauan, baik tertulis maupun lisan dan melakukan pembinaan, terhadap kelompok masyarakat, tentang bahaya karhutla. Diharapkan upaya tersebut terus dilakukan secara berkelanjutan, agar karhutla bisa diminimalisir.

Selesai pembukaan gladi lapangan penanggulang bencana Kab. Inhil 2017, dilanjutkan dengan simulasi penanganan karhutla lintas sektoral, yang disaksikan unsur Forkompimda dan undangan lainnya.

20170320091439_IMG_3911

Penulis   : Heriman Putra

Editor     : Umi Fadilah

Publish   : Heriman Putra

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password