Kasus Tabrakan Dua Tongkang Dalam Pemeriksaan Penyidik Polair

Tribratanews.polri-go.id- Kasus terjadinya tabrakan dua tongkang yang sedang berlayar di perairan Barito tepatnya di depan feri penyeberangan Mantuil terjadi Minggu (19/3) sekitar pukul 10.09 Wita lalu saat ini ditangani penyidik Direktorat Polair Polda Kalsel

Dalam tabrakan antara TB Hasnur 06 yang menarik tongkang BG Hasnur 306 dengan Tugboat TB ISB 2 yang menarik tongkang BG KSB 2 ini kedua lambung tongkang masing-masing robek.

Direktur Polair Kombes Gatot Wahyudi melalui Kasubdit Gakkum AKBP Afebrianto Widhi, Minggu (19/3) malam membenarkan adanya kejadian tabrakan kapal ini.

“Saat ini kedua nahkoda tugboat sedang kita mintai keterangan tentang kejadian tabrakan tersebut,” ucap Afebrianto.
Menurutnya dari keterangan sementara kejadian terjadi di Perairan Sei Barito depan feri penyeberangan Mantuil atau pada koordinat 3.31′.27,7″ S 114.30′.30,7″ E.

Menurutnya sekitar pukul 10.09 Wita, TB ISB 2 yang ditarik BG KSB 2 sedang berlayar dari Rangga Ilung dengan tujuan Semarang pada saat melintas di depan feri penyeberangan Mantuil.
Sebelumnya TB ISB 2 sudah melakukan pasing (melintas, Red) dengan TB Republik dan TB Royal semua meminta pasing kanan melalui radio VHF termasuk TB Hasnur 06.

Setelah pasing dengan TB Republik dan TB Royal selesai tiba waktunya pasing dengan TB Hasnur 06. TB Hasnur 06 lewat radio VHF meminta TB ISB 2 terus ke kiri tetapi TB ISB 2 sudah mepet ke sebelah kiri dan tidak bisa lagi ke kiri.
TB Hasnur 06 terus mendekat ke TB ISB 2 sehingga BG Hasnur 306 yang ditarik TB Hasnur 06 menabrak BG KSB 2 yang ditarik oleh TB ISB 2.

“Tabrakan ini mengakibatkan BG KSB 2 robek pada lambung kanan depan atas dan BG Hasnur 306 robek pada lambung kanan depan bawah,” papar Afebrianto.
Adanya tabrakan ini membuat petugas selanjutnya mengamankan kedua kapal di depan markas unit Mantuil.

penulis : anang
editor : Umi Fadillah

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password