Ingin Jadi Anggota Pasukan Perdamaian PBB Garuda Bhayangkara ? Wajib Bisa Nyupir Dulu…

Tribratanews.polri.go.id – Bogor. Sejumlah anggota Polri mengikuti seleksi gelombang I penugasan khusus Garuda Bhayangkara II Formed Police Unit (FPU) X ke Darfur, Senin (20/3) di Pusat Latihan (Puslat) Polri Cikeas. Tahapan seleksi kali ini sudah memasuki test mengemudi kendaraan yang dipakai pada saat ops di Darfur. Peserta yang mengikuti seleksi seharusnya 100 orang, namun dengan meninggalnya seorang peserta seleksi saat mengikuti tahapan tes fisik yaitu Ipda Hariyanto maka test mengemudi diikuti oleh 99 anggota Polri dari berbagai kesatuan wilayah dan Mabes Polri.

DADTes mengemudi ini dinilai oleh tim juri dari Pusdik Lantas Polri yang dipimpin oleh AKBP. Muhar. Dalam pengarahannya AKBP. Muhar mengatakan pentingnya test mengemudi ini karena keterampilan mengemudi sangat dibutuhkan dalam penugasan di Darfur nanti. Maka dari itu kepada seluruh peserta diharapkan keseriusannya dan mengeluarkan keterampilan mengemudinya yg terbaik karena sangat menentukan pada kelulusan dan penentuan siapa saja yang masuk sebagai anggota kontingen Garuda Bhayangkara FPU X nanti.

DADASDASDAdPara peserta pun diminta mengemudi kendaraan di jalanan yang telah diberi halang merintang membentuk zigzag. Satu persatu peserta mengemudikan kendaraannya dengan melewati kun halang merintang. Para peserta diharapkan kendaraannya tidak mengenai kun halang perintang tersebut, karena apabila kena maka dianggap gagal dan akan mengurangi nilai. Selain belok zigzag, peserta pun dimintai mengeluarkan keterampilan mengemudinya dengan cara berjalan mundur dan memarkirkan kendaraannya di tempat yang sudah ditentukan serta melewati lintasan berbagai kondisi dari jalanan datar, menanjak maupun jalanan tanah basah. “Test ini termasuk gampang-gampang susah dan memerlukan konsentrasi penuh karena apabila lengah sedikit saja maka bisa mengenai kun halang merintang, hampir saja tadi saat tes mengenai pembatas tersebut untung langsung fokus konsentrasi sehingga tidak mengenainya” ujar Salah satu peserta seleksi dari Polda Metro Jaya Akp. Heru Fahrian S.Sos. yang optimis akan lolos menjadi kontingen Garuda Bhayangkara FPU ke X ini.

Selain tahapan tes mengemudi, para peserta seleksi pun harus melewati berbagai tahapan seleksi lainnya antara lain tes kesehatan, fisik, psikotest, menembak dan lainnya. Dari seleksi yang terdiri dari 3 gelombang yang dimana setiap gelombang diikuti oleh 100 peserta ini diharapkan akan terjaring sebanyak 150 anggota Polri yang akan menjadi Kontingen Garuda Bhayangkara FPU X dan dijadwalkan berangkat pada semester ke tiga tahun 2017 menggantikan kontingan Garuda Bhayangkara FPU IX yang saat ini sedang bertugas menjadi pasukan perdamaian PBB di Darfur.

Penulis : Saefulloh
Fotografer : Saefulloh
Editor : Umi Fadillah
Publish : Saefulloh

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password