Brigjen Pol Drs Fakhrizal Buka Taklimat Awal Wasrik Tahap I Itwasda Polda Sumbar

20170320101809_IMG_7196

Tribratanews.polri.go.id – Polda Sumbar, Hari ini Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat Brigjen Pol Drs. Fakhrizal, M. Hum membuka langsung Taklimat Awal Wasrik Rutin Tahap I Itwasda Polda Sumbar Tahun 2017, Senin (20/3).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Wakpolda Sumbar Kombes Pol Dra. Nur Afiah, MH, Irwasda Polda Sumbar Kombes Pol Drs. Syamsul Bachri, para pejabat utama Polda Sumbar, Kapolres sejajaran Polda Sumbar, Kasubbag Renmin dan Kabag Ren Polres sejajaran Polda Sumbar.

Brigjen Pol Drs. Fakhrizal dalam amanatnya menyampaikan bahwa fungsi pengawasan dan pemeriksaan terhadap kinerja organisasi merupakan hal yang tidak terpisahkan dari organisasi itu sendiri dan merupakan implementasi fungsi kontrol dalam manajemen modern atas kinerja yang dilakukan, guna mengoptimalkan berfungsinya sistem dalam suatu organisasi.

20170320101749_IMG_7193

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya hal-hal yang dapat menyalahi prosedur yang berlaku serta untuk mengevaluasi sejauh mana perencanaan dan pengorganisasian yang dilakukan guna dapat tercapainya sasaran yang telah ditetapkan.

Pengawasan intern yang dilaksanakan oleh Itwasda Polda Sumbar adalah seluruh kegiatan wasrik, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lain terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi dalam rangka memberikan keyakinan yang memadai bahwa kegiatan telah dilaksanakan sesuai dengan tolak ukur yang telah ditetapkan secara efektif dan efisien untuk kepentingan Polri.

“Oleh sebab itu, diharapkan kepada tim pengawasan dan pemeriksaan Itwasda Polda Sumbar, disamping sebagai pemeriksa juga berperan sebagai konsultan dan mitra kerja serta berkedudukan sama dengan obyek wasrik. Selain itu, dalam rangka efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan wasrik ini, saya harapkan pula adanya kerjasama dan keterbukaan dari obyek wasrik, agar pelaksanaan kegiatan wasrik ini dapat berjalan dengan lancar sesuai jadwal yang telah ditetapkan” ucap Kapolda Sumbar.

Selanjutnya sebagai objek wasrik agar mempersiapkan dokumen dan administrasi yang terkait dengan materi wasrik, mencatat semua temuan wasrik dan solusi yang disarankan serta melaporkan hasil pelaksanaan wasrik kepada kasatker masing-masing.

Diakhir sambutannya, Kapolda Sumbar menekankan beberap hal yang menjadi prinsip-prinsip pengawasan dan pemeriksaan sebagai berikut:

1. LEGALITAS, yaitu wasrik rutin oleh inspektorat pengawasan daerah Polda Sumbar dilaksanakan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan;

2. PROSEDURAL, yaitu wasrik rutin dilaksanakan sesuai mekanisme, tata cara dan ketentuan yang ditetapkan;

3. PROFESIONAL, yaitu petugas pelaksana wasrik rutin memiliki kemampuan sebagai auditor, serta kompetensi auditing;

4. LEGITIMASI, yaitu proses dan hasil wasrik rutin mendapat pernyataan pengakuan atau pengesahan dari objek wasrik berdasarkan kriteria temuan;

5. AKUNTABILITAS, yaitu setiap kegiatan dan hasil akhir dari kegiatan wasrik rutin harus dapat dipertanggungjawabkan kepada institusi Polri;

6. TRANSPARAN, yaitu wasrik rutin harus dilaksanakan secara terprogram, jelas, dan terbuka;

7. OBJEKTIVITAS, yaitu pelaksanaan wasrik rutin berdasarkan fakta dan kriteria temuan yang ada, bukan persepsi atau analisa sendiri dari parik/auditor;

8. INDEPENDEN, yaitu petugas pelaksana wasrik rutin bersifat mandiri, dan tidak terpengaruh oleh pihak lain.

Penulis : R. Fauzi
Editor : Umi Fadilah
Publish : Humas Polda Sumbar

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password